Advertisement

Jelang Hari Raya Kurban, Bantul Mewaspadai Antraks

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Rabu, 24 Juli 2019 - 05:17 WIB
Sunartono
Jelang Hari Raya Kurban, Bantul Mewaspadai Antraks Sejumlah petugas memeriksa dan mengevakuasi sapi yang mati mendadak milik Jumiyo di Dusun Grogol 4, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Kamis (27/6/2019). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Menjelang perayaan Idul Adha pada Agustus depan, Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kelautan (DPPPK) Bantul berjanji akan mencegah dan melakukan upaya penyebaran penyakit antraks.

Kepala DPPK Bantu, Pulung Haryadi menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan upaya pengawasan terkait dengan regulasi yakni dengan pengecekan Surat Kesehatan Hewan (SKH). Hal itu adalah sebuah bukti validasi bahwa sapi atau hewan kurban lainnya dinyatakan benar-benar sehat.

Advertisement

“Regulasi ini juga berlaku bagi hewan kurban yang berasal dari daerah lain. Termasuk dari Jawa hingga luar daerah lainnya, Jadi pada dasarnya gak ada larangan membeli hewan kurban dari Kabupaten Gunungkidul atau daerah lain, namun dipastikan hewan kurban tersebut memiliki SKKH dari daerah asal,” katanya kepada Harian Jogja, Minggu (21/7/2019).

Ia menyatakan hal tersebut adalah merupakan upaya pencegahan penyakit melalui jalur distribusi. Guna mendukung personil kesehatan hewan yang sudah ada.

“Jadi perekrutan 100 dokter yang kemarin itu juga termasuk upaya kami untuk mencegah penyakit antraks masuk kesini. Mereka [dokter] selain melakukan vaksin, mereka juga ikut memantau di pasar hewan kurban sebelum hari H,” ucapnya.

“Kalau yang perekrutan takmir masjid itu adalah upaya kami agar proses penyembelihan hewan kurban sesuai syariat agama,” jelasnya.

Sedangkan untuk personil takmir masjid pihaknya juga telah melakukan seleksi dan pembekalan. Selain itu, para takmir masjid juga akan dilakukan pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement