Advertisement

Kemarau Panjang, Petani Cabai Kulonprogo Gembira

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 05 Agustus 2019 - 00:17 WIB
Budi Cahyana
Kemarau Panjang, Petani Cabai Kulonprogo Gembira Petani di Dusun Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Panjatag panen cabai, Sabtu (3/8/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Petani cabai di Kulonprogo menikmati kemarau panjang karena hasil panen dari Mei lalu yang masih berlangsung sampai sekarang akan melimpah. Harga pun dianggap terus merangkak naik.

Salah satu petani cabai di Dusun Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Sulasmi, mengatakan harga cabai setelah panen dimulai dari Mei lalu terus merangkak. Harga cabai rawit dari pas bulan puasa saat awal panen masih di kisaran Rp8.000 per kilogram.

Advertisement

“Kini, di tingkat petani bisa sampai Rp65.000 per kilogram,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (3/8/2019).

Sementara, untuk cabai keriting harga di petani sekarang bisa sampai Rp50.000. Apabila kemarau masih lama, maka hasil panen juga akan terus baik.

Menurut Sulasmi, tidak hanya hasil panenan cabai yang terus berproduksi, kualitas cabai pun bagus. Kualitas cabai yang bagus dikarenakan hama yang menyerang cabai di musim kemarau tidak terlalu banyak dibanding musim hujan.

Ketua Kelompok Tani Fisik Pranaji Desa Bugel, Sukarman, menuturkan saat ini permintaan cabai tidak hanya datang dari lokal Kulonprogo saja tetapi juga permintaan datang dari Jakarta sampai Pulau Sumatra.

Dibanding saat awal tahun lalu, kini harga cabai jauh berbanding terbalik. Saat awal tahun lalu, harga cabai sedang terpuruk terpuruknya. Cabai di tingkat petani hanya dihargai Rp3.500 per kilogram. Petani cabai di pesisir selatan membakar tanaman cabainya untuk pengosongan lahan diganti dengan menanam melon dan semangka.

Tidak hanya mengandalkan cabai, petani di pesisir selatan juga mengandalkan semangka dan melon saat harga cabai terpuruk. “Harga melon atau semangka lebih stabil dibanding cabai, biaya produksinya juga relatif lebih murah,” ujar Sukarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement