Advertisement

Ada Program Dua Jam Tanpa Media Elektronik di Desa Ngoro-Oro Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 08 Agustus 2019 - 22:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ada Program Dua Jam Tanpa Media Elektronik di Desa Ngoro-Oro Gunungkidul Ilustrasi kecanduan gadget. - netmag.pk

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Desa Ngoro-Oro, Kecamatan Patuk, menggalakan program dua jam tanpa media elektronik mulai pukul 18.00 WIB-20.00 WIB. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk keprihantinan menurunnya kualitas pendidikan anak-anak akhir-akhir ini.

Kepala Desa Ngoro-Oro, Sukasto, mengatakan deklarasi program dua jam tanpa media elektronik sudah diikrarkan di balai desa pada awal Agustus 2019. Deklarasi mengundang seluruh perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga kepala sekolah di wilayah Desa Ngoro-Oro. “Deklarasi dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Patuk, khususnya Desa Ngoro-Oro,” kata Sukasto saat dihubung wartawan, Kamis (8/8/2019).

Advertisement

Menurut dia, gerakan ini berawal dari keprihatinan masyarakat tentang menurunnya kualitas pendidikan anak-anak. Hal ini terlihat dari hasil ujian nasional, dimana Kecamatan Patuk menduduki peringkat 16 dari 18 kecamatan di Gunungkidul. “Biasanya bisa masuk lima besar tapi tahun ini malah terlempar ke urutan 16,” katanya.

Sukasto menjelaskan program dua jam tanpa media elektronik ini dilaksanakan setiap hari. Selama rentang pukul 18.00 WIB-20.00 WIB masyarakat diminta untuk tidak memegang maupun melihat TV, radio, ponsel hingga smartphone.

Diharapkan selama dua jam ini difokuskan untuk belajar bagi anak-anak dan para orang tua memberikan pendampingan. Terdapat dua program yang dijalankan, yakni satu jam pertama digunakan untuk pendalaman belajar agama dan satu jam berikutnya dimanfaatkan untuk belajar mata pelajaran di sekolah. “Di tempat kami semua warga muslim, jadi bagi keluarga yang belum memiliki Alquran, di balai desa sudah menyiapkannya dan bisa diambil untuk pendalaman agama,” katanya lagi.

Meski sudah ada deklarasi dua jam tanpa media elektronik, Sukasto mengungkapkan bahwa pelaksanaan masih sebatas imbauan sehingga pihak desa belum menyiapkan sanksi bagi yang melanggar.

Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi, mendukung penuh program yang dilaksanakan di Desa Ngoro-Oro. Menurut dia dengan program dua jam tanpa media elektronik diharapkan bisa meningkatkan hubungan di dalam keluarga. “Tujuannya adalah untuk berupaya memberikan proses belajar yang baik kepada anak-anak. Harapannya, program ini bisa dilaksanakan di desa lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement