Advertisement

Sumur Bor Mengalir Alami Hebohkan Warga Gunung Kidul

David Kurniawan
Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sumur Bor Mengalir Alami Hebohkan Warga Gunung Kidul Warga saat melihat sumur bor mengeluarkan air secara alami di Dusun Widoro Lor, Bendung, Semin. Rabu (21/8/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Warga Dusun Widoro Lor, Bedung, Semin dikejutkan dengan adanya fenomena air keluar dari tanah secara alami. Fenomena alam ini muncul sejak Senin (19/8/2019) sore dan airnya terus mengalir hingga sekarang.

Pemilik sumur, Suyadi mengatakan, proses pembuatan sumur bor rencananya digunakan untuk mengaliri area pertanian yang gersang saat kemarau. Diapun meminta orang Nglipar membuatkan sumur bor di tengah ladang dengan harapan bisa dimanfaakan untuk area pertanian.

Advertisement

“Biaya untuk bikin sumur Rp6 juta dengan perjanjian mendapatkan sumber air,” kata Yadi kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Setelah perjanjian sumur disepakati, pada Senin siang sekitar pukul 10.00 WIB pengeboran mulai dilakukan. Pada hari pertama pengeboran kedalaman sudah mencapai 60 meter. Menurut Yadi, berhubung sudah sore, rencananya pengerjaan akan dilanjutkan Selasa pagi sehingga proses pengeboran dihentikan.

Meski demikian, pada saat akan pulang ke rumah ada fenomena aneh terjadi. Dari dalam lubang sumur yang dibor mulai keluar air secara alami tanpa bantuan mesin pompa pengangkat. “Saya kaget karena air mengalir secara alami dan berlangsung hingga sekarang,” katanya.

Menurut dia, fenomena ini sudah dilaporkan ke pihak desa dengan dilakukan pengetesan debit air. Hasil dari pengecekan diketahui sumber air ini memiliki debit 1,5 liter per detik.

“Masih dibiarkan mengalir dan alirannya dimanfaatkan untuk menggenani lahan yang mengering serta untuk menyirami tanaman rumput gajah milik warga,” ungkapnya.

Fenomena air keluar dari dalam bumi secara alami ini menjadi tontotan. Warga yang penasaran menyempatkan diri untuk melihatnya. Bahkan sejumlah warga nekat langsung meminum air ini serta digunakan untuk mencuci muka hingga bagian tangan dan kaki.

“Airnya seger dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat,” kata salah seorang warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement