Pengisian Pimpinan DPRD Gunungkidul, Golkar Tunggu Rekomendasi DPP

DPRD Gunungkidul - Istimewa
06 September 2019 14:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komposisi pimpinan definitif DPRD Gunungkidul mulai terlihat. Dari empat posisi, tiga di antaranya telah terisi.

Untuk posisi ketua yang menjadi hak PDI Perjuangan diberikan kepada Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD Gunungkidul. Untuk Wakil Ketua dari Nasdem diserahkan kepada Suharno dan Wakil Ketua dari PAN akan diemban oleh Wiwik Widiastuti. Khusus untuk Golkar hingga Jumat (6/9/2019) belum ada kepastian karena masih menunggu rekomendasi dari DPP Partai Golkar.

Ketua Sementara DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengatakan komposisi pimpinan definitif Dewan sudah terbentuk. Hal ini terlihat dari surat rekomendasi yang diperoleh karena dari empat partai yang memiliki hak duduk di kursi pimpinan, hanya partai Golkar yang belum memperoleh rekomendasi. “Untuk PDI Perjuangan, Nasdem dan PAN sudah ada, sedangkan Golkar masih menunggu,” kata Endah kepada wartawan, Jumat.

Dia menjelaskan meski masih menunggu wakil dari Golkar, pengisian pimpinan definitif sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. “Tinggal dari Golkar, setelah ada rekomendasi bisa langsung paripurna untuk penetapan,” tuturnya.

Endah menjelaskan pengisian formasi pimpinan definitif sangat penting karena menjadi kunci dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki wakil rakyat. Setelah pimpinan definitif terbentuk, anggota Dewan bisa melakukan pengisian alat kelengkapan Dewan. “Kalau semua sudah terbentuk, maka ketugasan yang dimiliki bisa maksimal. Kalau sekarang belum bisa bekerja karena harus menunggu pembentukan formasi pimpinan maupun alat kelengkapan,” katanya.

Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho, mengatakan secara resmi rekomendasi dari DPP belum turun. Namun secara informal sudah ada siapa calon yang dipilih sebagai wakil ketua. “Sudah ditandatangani oleh ketua umum dan sekarang perwakilan dari DPD Golkar DIY menunggu hasil dari rekomendasi,” katanya.

Menurut Heri ada tiga nama yang diusulkan untuk menduduki posisi wakil ketua. Selain dirinya, dua nama lain yang diusulkan yakni Jumiran dan Sarjana. “Doakan saja saya bisa amanah,” katanya.