Advertisement

Penataan Pantai Krakal Segera Dilanjutkan

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 06 September 2019 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Penataan Pantai Krakal Segera Dilanjutkan Pantai Krakal, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Rencana penataan Pantai Krakal di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, dilanjutkan. Sebelumnya, pada 2018 penataan dimulai dengan membangun tempat ibadah dan penataan pedagang yang menghabiskan anggaran Rp4,7 miliar.

Tahun ini Pemkab Gunungkidul berencana menata tempat parkir dengan anggaran sebesar Rp6,5 miliar. "Anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang pariwisata," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Hary Sukmono, saat ditemui Harian Jogja, Jumat (6/9/2019).

Advertisement

Hary menjelaskan pembangunan tempat parkir baru di Pantai Krakal merupakan unsur pariwisata yakni amenitas, sehingga akses kendaraan pengunjung tidak berada di area parkir di dekat pantai. "Dalam detail Engineering design [DED] kami juga membangun jalur pedestrian bagi wisatawan dari area parkir menuju kawasan pantai," ujarnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subaryanta, mengatakan jajarannya bersama Dinas Pariwisata segera menata area parkir di Pantai Krakal. Salah satu pekerjaan yang dilakukan yakni meratakan salah satu bukit untuk dijadikan tempat parkir. "Luas bukit yang dihilangkan sekitar 650 meter persegi," katanya.

Untuk proyek ini DPUPRKP mendapat anggaran Rp138 juta yang bersumber dari APBD 2019. Dana itu akan digunakan untuk menyewa alat berat yang digunakan untuk meratakan bukit. "Istilahnya cut and fill," katanya.

Menurut Agus, lokasi parkir kawasan Pantai Krakal bakal digeser dari semula berada di pinggir pantai dipindah ke lokasi yang disiapkan. Selain penataan tempat parkir, pedagang juga direlokasi di dekat lokasi parkir baru. "Kami mulai sosialisasikan kepada pelaku usaha di sana. Soal perizinan sudah diurus oleh Dinas Pariwisata," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement