Pencuri Sepeda Motor Beraksi di Parkiran Kawasan Titik Nol KM, Ketahuan Aparat Gara-Gara ini

ilustrasi curanmor. - Harian Jogja/Desi Suryanto
08 Oktober 2019 00:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Polsek Gondomanan meringkus pencuri sepeda motor yang beraksi di parkiran depan Bank Indonesia, Minggu (6/10/2019) dini hari. Pelaku yang berinisial SES memanfaatkan kelengahan juru parkir sebab saat itu di sekitar lokasi sedang berlangsung acara Gebyar Indosiar, sehingga kondisi sangat ramai.

Kapolsek Gondomanan, Kompol Purwanto, menuturkan penangkapan bermula saat anggota Polsek Gondomanan berpatroli sekitar pukul 00.00 WIB. Di seputaran Jalan Senopati, tepat di depan SMP N 2 Jogja, mereka melihat seseorang menuntun sepeda motor jenis matik.

Anehnya, di sepeda motor itu tidak terlihat kunci tertancap. Mulai curiga, polisi pun mendatangi orang itu dan menanyakan kenapa tidak ada kuncinya. “Kepada polisi itu dia mengaku kuncinya hilang, saat disuruh menunjukkan surat-suratnya, dia tidak bisa,” ujarnya.

Mereka pun membawa SES ke Polsek Gondomanan, sedangkan motor yang dituntun diamankan di depan SMP N 2 Jogja. Sekitar pukul 02.00 WIB, pihaknya mendapat laporan dari korban yang bernama Surya Alamsyah Kuncoro, terkait pencurian yang menimpanya.

Suryo menyebutkan lokasi parkir motornya di depan BI dan ciri-ciri motor yang sesuai dengan yang diamankan polisi, yakni Honda Genio warna hitam. Korban pun ditunjukkan motor yang tadi diamankan di depan SMP N 2 Jogja dan membenarkan itu motorya.

Setelah itu, Polisi juga menggeledah kamar SES. Dari penggeledahan itu polisi menemukan obat keras jenis Yarindo sebanyak 775 butir. Terkait obat ini, pihaknya masih mendalami apakah pelaku hanya mengkonsumsi atau juga mengedarkan.

“Belum mendapatkan pelaku dapat obat ini dari mana. Pengembangan perkara obat ini nanti kami serahkan ke Satres Narkoba Polresta Jogja. Polsek Gondomanan hanya akan menangani yang curanmor,” kata dia.

Untuk kasus curanmor ia mengenakan pelaku pasal 362KUHP dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun. Kepada masyarkat ia mengimbau agar berhati-hati dalam memarkir kendaraan. Parkir di tempat yang telah disediakan, kalau bisa yang ada karcisnya. Agar lebih aman disarankan menambahkan kunci ganda pada motor.