Advertisement

Ini Jumlah Formasi & Kualifikasi Pendidikan pada Seleksi CPNS di Pemda DIY

Sunartono
Rabu, 30 Oktober 2019 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Jumlah Formasi & Kualifikasi Pendidikan pada Seleksi CPNS di Pemda DIY Ilustrasi pemberkasan CPNS - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan membuka 318 lowongan dengan kualifikasi pendidikan diploma dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Kualifikasi 718 formasi berdasarkan keputusan Pemerintah Pusat meliputi pendidikan D-III Akuntansi sebanyak 128 formasi; S-1 Manajemen 111 formasi; D-III Manajemen 51 formasi, S-1 Kimia, Fisika atau Biologi dalam satu kualifikasi 51 formasi; S-1 Psikologi 20 formasi; teknik sipil 12 formasi; D-III pekerja sosial sebanyak 11 formasi; D-III kearsipan 20 formasi; D-III perpustakaan 77 formasi; D-III teknik elektro 15 formasi; S-1 ilmu hukum 17 formasi, dan sisanya kualifikasi pendidikan lainnya dengan jumlah di bawah 10 formasi.

Advertisement

“Yang diberikan Pusat memang seperti itu,” terang Kepala BKD DIY Agus Supriyanto, Rabu (30/10/2019).

“Harapan saya kan mengajukan 1.700 bisa dipenuhi tetapi setelah divalidasi oleh Pusat jadi 900, kemudian ditetapkan formasi hanya 718.”

Agus mengatakan hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY kekurangan PNS. BKP paling banyak mengajukan formasi guru serta tenaga kependidikan.

Guna mencukupi kekurangan PNS, Pemda DIY akan membuka lowongan tenaga honorer tetapi melalui satu pintu di bawah keputusan Gubernur DIY. Selain itu ujian honorer ini direncanakan akan menggunakan computer assisted test (CAT) dan wawancara. “Nanti akan diberikan melalui SK Gubernur,” ujarnya.

Ujian CPNS 2019 akan menggunakan komputer secara mandiri dengan biaya melalui APBD DIY. Namun hal itu tergantung jumlah pendaftar

“Jika pendaftarnya banyak tentu butuh waktu terkait lelang untuk peminjaman komputer untuk tes. Penentuan jumlah anggaran itu masih menunggu jumlah pendaftar,” ucap Agus.

Penggunaan komputer secara mandiri itu dilakukan untuk mengantisipasi keterlambatan unit seperti pada pelaksanaan CPNS 2018 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement