Advertisement

40 Hektare Sawah Bakal Terkena Proyek Tol Solo-Jogja-Bawen, Pemkab Diminta Cari Lahan Pengganti

Sunartono
Kamis, 07 November 2019 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
40 Hektare Sawah Bakal Terkena Proyek Tol Solo-Jogja-Bawen, Pemkab Diminta Cari Lahan Pengganti Ilustrasi lahan pertanian - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 40 hektare lahan pertanian di DIY diperkirakan balak terkena proyek tol Solo Jogja dan Jogja-Bawen.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno, mengatakan pihaknya telah mengajukan kesesuaian tata ruang yang terdiri atas dua trase yaitu Jogja-Solo dan Jogja-Bawen kepada Gubernur DIY sesuai dengan permohonan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dokumen ini masih dalam proses untuk ditandatangani Gubernur DIY sekaligus sebagai syarat dibentuknya tim koordinasi penataan ruang daerah untuk kesiapan pembangunan tol.

Advertisement

“Tim persiapan sudah diajukan ke Gubernur pararel dengan kesesuaian [tata ruang], akan kami lacak sudah ditandatangani atau belum, sudah kami ajukan pekan kemarin,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Krido mengatakan sosialisasi kepada warga terdampak akan dilakukan dengan beberapa tahapan dengan menyesuaikan kondisi lapangan, seperti dinamika masyarakat hingga jumlah warga terdampak. Etape pentahapan itu tergantung situasi dan kondisi sosialisasi yang rencananya akan digelar pada pekan ketiga November 2019. Semakin cepat selesai maka tidak banyak tahapan dalam satu etape sosialisasi.

Terkait pengadaan lahan untuk rest area, Krido belum bisa berkomentar banyak, karena akan disampaikan langsung oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat saat sosialisasi. Selain itu, pihaknya masih fokus pada trase yang menjadi jalur utama tol.

“Kami hanya biacaranya trase, trase dulu karena itu jadi jalur utama. Rest area itu akan dijelaskan saat sosialisasi Dirjen Bina Marga, kami tidak masuk di ranah teknis kontruksi. Kejelasan itu harus bertahap sehingga data yang dipakai data akurat ketika sosialisasi, jadi untuk memberikan informasi data,” katanya.

Terkait lahan pertanian berkelanjutan yang terkena dampak proyek tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, ada sekitar 40 hektare, Krido meminta kepada Pemkab Sleman untuk mencarikan lokasi pengganti. Karena keluasan lahan pertanian berkelanjutan sudah ditetapkan di Perda RTRW sehingga harus dicarikan pengganti yang juga berada di wilayah Sleman.

"Justru momentum adanya strategi nasonal ini untuk memantapkan adanya pertanian berkelanjutan, di mana Sleman termasuk lumbung pangan dan ketika jalan tol terealisasi kami sudah bergerak 10 hingga 20 tahun ke depan yaitu ada kawasan tumbuh cepat, di mana nanti kami sampaikan setelah IPL turun atau saat sosialisasi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement