Advertisement

Soal Ganti Rugi Lahan yang Terkena Tol Jogja, Bupati Sleman: Harus Ganti Untung

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 14 November 2019 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Soal Ganti Rugi Lahan yang Terkena Tol Jogja, Bupati Sleman: Harus Ganti Untung Bupati Sleman Sri Purnomo - Dokumen Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemkab siap mendukung program Pemerintah Pusat dalam pembangunan tol Jogja-Solo maupun Jogja-Bawen.

"Sudah ada pemetaan juga yang dilakukan dan berharap warga terdampak juga bisa menerima," kata Sri Purnomo, Kamis (14/11/2019).

Advertisement

Selama ini kata dia, ketika ada proyek kegiatan fisik Pemkab juga berupaya memberikan ganti untung ketika ada warga terdampak. "Harus ganti untung bukan ganti rugi. Ganti untung artinya masyarakat didengarkan, bisa mengenai aspek harga dan lainnya," paparnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ganti untung, lanjut Sri Purnomo juga akan dilakukan oleh tim independen atau tim appraisal yang menentukan angkanya. "Jadi tidak ada penekanan sana sini," imbuhnya.

Hal itu juga ditambah dari kebijakan Gubernur DIY yang dalam hal ini memprakarsai pembangunan tol tidak banyak menerjang ke area permukiman warga, namun konsepnya elevated (melayang) yang berada di atas Ring Road dan berdampingan dengan Selokan Mataram.

"Hal itu semata mata untuk menghindari penggusuran lahan warga, tapi dalam pelaksanaannya ketika harus melewati permukiman warga dan pembebasan lahan harus dilaksanakan kami harapkan untuk ganti untung," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement