Advertisement

Forum Puspa Gunungkidul Resmi Dibentuk

David Kurniawan
Selasa, 03 Desember 2019 - 19:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Forum Puspa Gunungkidul Resmi Dibentuk ILustrasi kekerasan anak - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Komisi A DPRD Gunungkidul mengapresiasi dibentuknya Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa). Diharapkan dengan forum ini perhatian dan kepedulian terhadap kalangan perempuan dan anak bisa terus ditingkatkan.

Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Ery Agustin Sudiyati, menyambut baik dibentuknya Forum Puspa di Gunungkidul. Menurut dia, keberadaan forum ini menjadi wadah untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak sehingga penguatan dalam keluarga bisa diwujudkan. “Kami juga minta forum ini bisa menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Ery, Selasa (3/12/2019).

Advertisement

Menurut dia, keberadaaan forum ini sebagai bentuk komitmen dari pemerintah dalam upaya pemberdayaan perempuan dan anak. Ery juga meminta agar forum bisa dimaksimalkan dan tidak sekadar dibentuk. “Harus bisa beraksi sehingga keberadaan forum bisa memberikan dampak yang signifikan,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sujoko, mengatakan Forum Puspa di Gunungkidul resmi dibentuk Selasa. Menurut dia dengan pembentukan ini maka ada suatu wadah untuk berinovasi dan bersinergi di masyarakat, khususnya untuk perempuan dan anak. “Dengan forum ini diharapkan ada upaya kreatif dan inovatif dari tingkat desa hingga kabupaten guna mempercepat proses peningkatan kader perempuan dan anak yang mandiri dan berkepribadian,” kata Sujoko.

Fokus utama dari forum ini untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak. Adapun cara yang diterapkan yakni dengan Tiga End, meliputi mengakhiri kekerasan, mengakhiri tindak pidana perdagangan orang yang banyak terjadi pada kelompok perempuan dan anak, serta mengakhiri diskriminasi dan kesenjangan ekonomi. “Kami juga berharap dengan forum Puspa dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik,” katanya.

Sujoko mengungkapkan, keberadaan Forum Puspa harus didukung semua pihak sehingga sasaran yang ingin dicapai bisa diwujudkan secara maksmial. “Harus didukung sehingga keberadaanya bisa dioptimalkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement