Advertisement

Sudah Pasti, Tak Ada Rest Area di Tol Jogja karena Hanya Untungkan Pemodal Nesar

Abdul Hamied Razak
Kamis, 12 Desember 2019 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Sudah Pasti, Tak Ada Rest Area di Tol Jogja karena Hanya Untungkan Pemodal Nesar Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jalan tol Jogja-Solo dipastikan tidak akan memiliki rest area. Area peristirahatan di ruas jalan bebas hambatan ini hanya ada dua di Klaten, Jawa Tengah. “Untuk jalan tol yang masuk wilayah DIY, tidak ada rest area-nya,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Totok Wijayanto, Kamis (12/12).

Menurut dia, jika pemerintah daerah tetap ingin membangun rest area di luar jalan tol, rencana tersebut bukan lagi kewenangan dari Satker. “Pada prinsipnya, tol memang dilengkapi dengan rest area, tetapi untuk jalan tol yang masuk Jogja tidak ada rest area,” katanya.

Advertisement

Alasannya, kata Totok, rancangan sesuai dengan permintaan Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang ingin agar jalan tol bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar tol. "Kalau rest area ada di dalam tol, orang tidak mau ke luar [dari jalan tol dan masuk Jogja]. Kalau tidak ada rest area nanti yang dari Surabaya bisa masuk Jogja,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Bappeda Sleman Kunto Riyadi. Menurutnya, keberadaan rest area tidak akan menguntungkan masyarakat. Sebaliknya rest area hanya bisa dimanfaatkan oleh pemodal besar. “Sementara yang UMKM tidak akan kuat untuk bersaing sehingga diputuskan untuk tidak ada rest area di tol,” katanya.

Sebagai gantinya, para pengguna jalan tol yang akan beristirahat atau berbelanja nantinya bisa menggunakan jalur exit toll atau on off menuju wilayah Sleman ataupun Kota Jogja. “Dengan konsep seperti ini, manfaat jalan tol bisa dirasakan oleh masyarakat Jogja. Pemberdayaan ekonomi akan jalan. Kalau ada rest area, pengguna jalan tol tidak akan keluar ke Jogja.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang Hari Ini

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement