Advertisement

Hujan Turun, Petani Kembali Tanam Bibit Jagung

Muhammad Nadhir Attamimi
Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Hujan Turun, Petani Kembali Tanam Bibit Jagung Sakino, petani asal Dusun Kenis, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, menunjukkan benih jagung yang ditanam yang gagal tumbuh lantaran menghilangnya hujan dan cuaca yang sangat panas, Senin (2/12/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seakan tak ingin menyia-nyiakan kondisi tanah yang basah oleh air hujan yang mulai turun, sejumlah petani di Desa Playen, Kecamatan Playen, langsung menanam bibit jagung di lahan mereka. Meski hujan belum begitu deras, petani yakin musim penghujan benar-benar mulai turun.

"Kami memanfaatkan air hujan yang turun secara maksimal dengan menanam bibit jagung agar cepat tumbuh," kata Daryono, 48, petani asal Desa Playen saat ditemui di ladang miliknya, Kamis (12/12/2019).

Advertisement

Dengan menggunakan sebatang kayu sepanjang satu meter untuk melubangi tanah, Daryono dan para petani lainnya yang memanfaatkan tanah yang gembur untuk ditanami bibit jagung. Ia mengungkapkan hujan di wilayah mereka belum turun secara baik, sehingga kondisi seperti ini tidak akan mereka lewatkan. "Kalau menunggu hujan turun merata bisa terlalu lama menanam," ujarnya.

Ia dan petani lainnya berharap hujan bisa turun secara merata sesegera mungkin dan membuat bibit yang sudah ditanam sejak beberapa hari lalu bisa segera tumbuh. "Bibit yang kami tanam beberapa waktu lalu mati, kini kami menanam bibit pengganti, semoga bisa tumbuh subur dan hujan bisa segera turun merata," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement