Advertisement

Ini Dia Tugas Baru Satlinmas Rescue Istimewa Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 15 Januari 2020 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Tugas Baru Satlinmas Rescue Istimewa Bantul Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta (kanan) dan Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto menandatangani serah terima anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satlinmas Rescue Istimewa yang selama ini bertugas menjaga keamanan pantai dan melakukan pencarian serta penyelamatan jika terjadi kecelakaan laut, kini mendapat tugas baru. Mereka diminta menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pilkada dan pilkades serentak.

Tugas baru ini seiring dengan pemindahan kewenangan Satlinmas Rescue yang tadinya di bawah koordinasi Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Advertisement

"Karena sudah tergabung ke Satpol PP maka ketugasannya juga menyesuaikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Satpol PP, Yulius Suharta seusai menerima pelimpahan 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020).

Yulius mengatakan salah satu tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah ikut membantu pengamanan dalam pemiliham kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak dan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pilkada bakal digelar pada 23 September dan Pilkades pada 21 Juni.

Meski demikian, tugas utama Satlinmas Rescue Istimewa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan dan sigap terhadap musibah bencana yang mungkin tetjadi terutama di wiayah pantai. Sebanyak 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa terbagi dalam dua koordinasi wilayah, yakni Wilayah III Parangtritis-Depok sebanyak 69 orang dan Wilayah IV Samas-Pandansimo sebanyak 30 orang.

Untuk koordinasi di lapangan dalam penanganam kebencanaan, kata Yulius, Satlinmas Rescue langsung ke BPBD. "Harapan keberadaan Satlinmas Rescue sudah dirasakan terkait pengamanan wisatawan di pantai," kata Yulius.

Mantan Camat Pajangan ini menambahkan anggota Satlinmas Rescue juga dipastikan mendapat honor yang nilanya di atas upah minimum kabuaten (UMK) yang bersumber dari APBD Bantul dan APBD provinsi. Dari Satpol PP Bantul tiap anggota mendapat insentif bulanan Rp1, 1 juta ditambah insentif dari Satpol PP DIY Rp750. 000 per anggota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement