Advertisement

2 Anggota Panwascam Saptosari Diganti

David Kurniawan
Jum'at, 17 Januari 2020 - 20:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
2 Anggota Panwascam Saptosari Diganti Ilustrasi Pilkada 2020 - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bawaslu Gunungkidul melakukan pergantian antarwaktu (PAW) untuk dua anggota Panwascam Saptosari. Pergantian dilakukan karena yang bersangkutan diterima sebagai perangkat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari, mengatakan PAW terhadap kedua anggota Panwascam Saptosari telah dilakukan Selasa (14/1/2020). Pergantian formasi panwascam sudah sesuai aturan karena ada anggota lama yang mengundurkan diri. “Berhubung ada slot yang kosong, maka harus diisi melalui PAW,” kata Rini kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Advertisement

Ia menjelaskan keduanya mundur karena alasan masing-masing. Salah satu anggota mundur karena diterima sebagai perangkat desa dan satu anggota lainnya diterima sebagai anggota BPD. “Aturannya memang tidak boleh, jadi harus memilih dan keduanya memilih melepas jabatan sebagai anggota panwascam,” katanya.

Menurut Rini, untuk PAW tidak dilakukan rekrutmen anggota baru karena pengisian mengacu pada hasil seleksi yang berlangsung beberapa waktu lalu. “Jadi ada cadangannya dari hasil seleksi, sehinga saat ada anggota panwaslu yang berhalangan tetap bisa diganti dengan kandidat hasil seleksi di bawahnya,” katanya.

Dia berharap kepada anggota baru yang dilantik bisa menyesuaikan diri dan membantu Bawaslu dalam upaya pengawasan Pilkada 2020. “Ini berlaku bagi semua anggota panwascam karena tugas-tugas yang dimiliki harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Keberhasilan dalam pilkada juga tidak lepas dari peran petugas pengawasan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement