Advertisement

Kos Eksklusif di Jogja Ditindak Petugas

Lugas Subarkah
Senin, 10 Februari 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Kos Eksklusif di Jogja Ditindak Petugas Ilustrasi Satpol PP. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kos Eksklusif yang berada di Kampung Miliran, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, telah masuk proses tindak pidana ringan (Tipiring). Pasalnya, kos eksklusif ini tidak mengantongi izin baik pondokan, homestay maupun hotel.

Kepala Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto, menjelaskan pihknya telah memanggil pemilik hotel pada Jumat (7/2/2020) lalu. “Ketika dipanggil pertama dulu yang datang karyawan, tidak bisa menunjukkan izin dengan alasan dibawa pemiliknya. Tapi setelah dipanggil pemiliknya juga tidak bisa menunjukkan,” ujarnya, Senin (10/2/2020).

Advertisement

Karena tidak ada izin, maka kos eksklusif ini ditindak dalam tipiring sesuai Perda Pondokan. Selain itu, pemilik juga diminta untuk menghentikan operasional sistem sewa harian. "Dalam pengawasan kami untuk segera mengurus izin sebagai homestay," ujarnya.

Pihaknya juga tengah mengawasi hotel yang berlokasi di sisi timur Jalan Ipda Tut Harsono yang juga tidak memiliki izin sebagaimana mestinya. Hotel itu kini di bagian kaca depan sudah ditutup kertas dan tidak terlihat adanya operasional hotel.

Hotel ini bermasalah karena dengan izin pondokan, menerapkan sistem sewa harian. Dari spesifokasi bangunan juga ditengarai tidak sesuai dengan yang diajukan dalam izin. "Kemaren masih sempat operasional, tapi katanya itu tamu yang sudah booking beberapa bulan sebelumnya. Makanya kami pantau terus," katanya.

Selain itu, hotel virtual juga menjadi prioritas pengawasannya. Pihaknya akan mengecek di lapangan setiap hotel virtual itu sudahkah memiliki izin. Joka sudah, apakah sesuai dengan fungsinya atau belum. "Kalau perizinan tertib artinya mulai dari sosialisasi ke masyarakat juga sudah, tidak ada masalah dari masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement