Asyik, Layanan Pembuatan Paspor Kini Ada di Lippo Plaza

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Yusuf Umardani (kedua dari kanan) saat menandatangani pakta kerja sama dengan manajemen Lippo Plaza Jogja, Selasa (3/3/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
03 Maret 2020 18:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelayanan pembuatan paspor kini bisa dilakukan masyarakat sembari berbelanja di Lippo Plaza Jogja.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Yusuf Umardani mengatakan kerja sama yang dijalin antara kantornya dan manajemen Lippo Plaza Jogja merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan paspor yang lebih efisien kepada masyarakat.

"Upaya ini menguntungkan kedua belah pihak, di satu sisi warga terbantu dengan dibukanya unit layanan paspor [ULP] imigrasi di mal, sekaligus ini merupakan bagian dari peran pemerintah yang ingin hadir di tengah-tengah masyarakat," ujar Yusuf kepada Harian Jogja seusai penandatanganan perjanjian kerja sama ULP dengan manajemen Lippo Plaza Jogja di aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan konsep ULP di Lippo Plaza Jogja nantinya akan sedikit berbeda dengan unit kerja kantor (UKK) yang akan dibuka di Universitas Gadjah Mada (UGM) meski keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan imigrasi.

"Di ULP Lippo Plaza Jogja, khusus untuk pelayanan paspor, sedangkan UKK ada dua macam pelayanan, yakni pelayanan paspor dan pelayanan asing terdiri dari perpanjangan izin tinggal, kunjungan, dan pelayanan izin tinggal terbatas kepada warga negara asing," ucap Yusuf yang juga mantan Kepala Kantor Imigrasi kelas II Madiun ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DIY Indro Purwoko menyambut baik atas inisiatif dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang membuka ULP di Lippo Plaza Jogja.

Dia pun mendorong agar pelaksanaan layanan tersebut bisa secepatnya dilaksanakan. "Perjanjian antara Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dengan Lippo Plaza Jogja ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun dan itu bisa diperpanjang. ULP di mal merupakan upaya dari Kantor Imigrasi yang memang diberikan mandat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan paspor," ujar dia.