Bukan Mahasiswa UNY, Ini Penjelasan RSUP Dr Sardjito tentang Warga Jepang yang Dirawat di Ruang Isolasi

Sejumlah awak media mengabadikan ruang isolasi satu pasien rujukan di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, Rabu (29/01/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
06 Maret 2020 00:47 WIB Rahmat Jiwandono Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Seorang WNA asal Jepang dirawat di RSUP Dr Sardjito, dia datang ke RSUP Dr Sardjito pada Selasa (3/3/2020) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan, pasien yang dirawat merupakan mahasiswa dari negara Jepang yang sedang melakukan penggalangan dana serta kampanye tentang olahraga. Sebab Jepang akan jadi tuan rumah ajang olahraga, oleh karenanya dia datang ke Jogja.

Dia menegaskan mahasiswa tersebut tidak punya hubungan dengan Universitas Negeri Yogyakarta. "Ada yang mengatakan dia mahasiswa dari luar negeri yang sedang belajar di UNY, padahal bukan," ungkapnya kepada Harian Jogja, Kamis (5/3/2020).

Namun, mahasiswa itu punya teman yang seorang dosen di UNY, meski sudah diperingatkan untuk tidak datang ke Indonesia terlebih dahulu. "Dia tetap datang ke Jogja," katanya.

Dijelaskannya, WNA itu datang ke RSUP Dr Sardjito diantar oleh agen perjalanannya yang memfasilitasnya selama di sini.

"Yang bertanggung jawab adalah travel agennya," katanya.

Dia dirawat di ruang isolasi karena mengalami panas.

"Dari sembilan orang, cuma satu orang yang dirawat. Sampai hari ini kondisinya membaik," imbuhnya.