Jumlah ODP Terkait Corona di DIY Sudah Lebih dari 800 Orang, Warga Perlu Waspada

Tangkapan layar peta Sebaran Kasus Covid di DIY versi Pemda DIY. (corona.jogjaprov.go.id)
25 Maret 2020 10:12 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Covid-19 di wilayah DIY saat ini telah mencapai 845 orang yang tersebar di kabupaten dan kota seluruh DIY. Masyarakat diimbau tidak panik dengan banyaknya jumlah ODP tersebut.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih mengimbau kepada seluruh warga DIY agar tidak panik meski pun jumlah ODP naik. Akan tetapi tetap waspada dengan mematuhi segala imbauan yang diterbitkan Gubernur DIY.

Hingga Selasa (24/3/2020) jumlah ODP di DIY tercatat 845 orang terdiri atas Gunungkidul 263 orang, Sleman 218 orang, Yogyakarta 173 orang, Bantul 129 orang dan Kulonprogo 61 orang. kemudian 90 PDP dimana dua di antaranya meninggal dunia dan enam pasien positif Covid-19.

"Iya [tidak usah panik meskipun ODP naik] kami mohon semua pihak ikut membantu melakukan sosialisasi imbauan Gubernur DIY," katanya Selasa (24/3/2020).

Ia menambahkan melalui data tersebut, warga diharapkan mendapatkan informasi yang utuh sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan. Saat ini untuk wilayah DIY tidak menunjukkan adanya zona merah. "Data tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk menjadikan kewaspadaan kita bersama,"

Ia kembali mengingatkan seluruh warga agar tetap mematuhi imbauan Gubernur DIY. Agar tidak melakukan kegiatan berkumpul dan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Kami berharap semua masyarakat DIY tetap waspada dan tidak panik, mengikuti arahan bapak Gubernur. Kurangi keluar rumah bila tidak penting, jaga jarak dengan orang, rajin cuci tangan, meningkatkan stamina tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.