Advertisement

Sempat Ditolak, Warga Jaban Tirtoadi Dijemput Satgas Covid-19

Abdul Hamied Razak
Minggu, 12 April 2020 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sempat Ditolak, Warga Jaban Tirtoadi Dijemput Satgas Covid-19 Sawihijono, warga Jaban, Tridadi, Sleman sempat ditolak saat mudik ke dusunnya dijemput oleh Satgas Covid-19 Jaban untuk menjalani karantina mandiri di Jaban, Minggu (12/4/2020). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sawihijono, warga Jaban, Tridadi, Sleman sempat ditolak saat mudik ke dusunnya. Setelah menjalani masa karantina di Asrama Haji Jogja, ia dijemput oleh Satgas Covid-19 Jaban.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan Sawihijono baru menempati shelter sejak Sabtu kemarin. Saat hendak masuk ke Jaban, Sawihijono sempat ditolak. Alasannya ia pemudik dari Bima, NTB yang harus menjalani masa karantina kemudian ditampung di shelter Asrama Haji.

Advertisement

"Namun hari Minggu (12/4/2020), setelah senam warga penghuni dijemput gugus tugas Dusun Jaban untuk diisolasi mandiri. Sebelumnya ia berstatus sebagai OTG/PPAT," kata Makwan, Minggu (12/4/2020).

Dia menjelaskan, penjemputan Sawihijono oleh Satgas Covid-19 Jaban dikarenakan warga yang awalnya menolak setelah diedukasi cara melakukan isolasi mandiri, berkenan menerima kembali di keluarga dan masyarakat.

"Ini bisa menjadi contoh. Kami siap edukasi warga yang selama ini menolak kedatangan pemudik [OTG/PPAT] dengan tetap isolasi mandiri," katanya.

Dengan dijemputnya salah seorang penghuni shelter, maka jumlah seluruh penghuni saat ini menjadi 11 orang. Pihaknya pada Sabtu (11/4/2020) sore juga menerima dua orang crew kapal pesiar Carnival yang juga ditolak oleh warga. "Ya kemarin sore, ada crew hotel kapal pesiar Carnival dari Amerika Serikat yang ditolak warga. Jadi sementara diminta di sini," ujarnya.

Sebelumnya, jumlah penghuni asrama haji yang menjalani masa karantina berjumlah 10 orang. Masing-masing dua ODP dan delapan OTG/PPAT. Tambahan ODP/OTG/PPAT tersebut seluruhnya berstatus sebagai pemudik baik dari wilayah Sumatera, Bekasi, Bima dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement