Advertisement

Belum Semua Desa Cairkan BLT Dana Desa

David Kurniawan
Kamis, 28 Mei 2020 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Belum Semua Desa Cairkan BLT Dana Desa Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul mencatat masih ada tiga desa yang belum mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk warga terdampak Covid-19. Tiga desa ini meliputi Kepek dan Karangtengah di Kecamatan Wonosari; serta Desa Watugajah di Kecamatan Gedangsari.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DP3AKBPMD Gunungkidul, Subiyantoro, mengatakan mayoritas desa di Gunungkidul sudah menyalurkan BLT Dana Desa. Pasalnya, dari 144 desa, hanya tiga desa yang belum mencairkan, sedangan desa lainnya sudah menyalurkan ke masyarakat terdampak. “Tinggal Desa Kepek, Karangtengah dan Watugajah yang belum menyalurkan. Untuk hari ini [Kamis, 28/5/2020] ada 26 desa yang mencairkan tahap pertama sehingga total ada 141 desa yang memberikan BLT Dana Desa,” kata Subiyantoro kepada wartawan, Kamis.

Advertisement

Meski belum mencairkan, tiga desa sudah membuat jadwal penyaluran. Untuk Karangtengah dan Kepek bantuan disalurkan Jumat (29/5), sedangkan untuk Watugajah dijadwalkan pada Sabtu (30/5).

Menurut dia, besaran alokasi dan kuota BLT Dana Desa di setiap desa berbeda-beda disesuaikan dengan peraturan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sesuai dengan aturan, kuota maksimal 35% dari total pagu anggaran dana desa yang dimiliki di setiap desa. “Jadi kuotanya disesuaikan dengan dana desa yang dimiliki sehingga setiap desa memiliki kuota yang berbeda-beda,” ungkapnya.

Ditambahkan Subiyantoro, BLT Dana Desa diberikan untuk tiga bulan dengan besaran anggaran per bulan Rp600.000 untuk satu keluarga penerima manfaat. Meski masih ada yang belum mencairkan tahap pertama, tetapi sudah ada tiga desa yang menyalurkan tahap kedua ke masyarakat. “Tiga desa ini meliputi Plembutan, Logandeng [Kecamatan Playen] dan Hargomulyo di Kecamatan Gedangsari,” kata dia.

Kepala Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Bambang Setiyawan, saat dikonfirmasi membenarkan desanya belum mencairkan BLT Dana Desa. Menurut dia, hal itu bukan masalah karena proses penyaluran sudah terjadwal. “Besok [Jumat] kami cairkan. Jadi, tidak ada masalah dalam penyaluran karena juga sudah melalui rapat dengan BPD,” katanya.

Bambang menuturkan di Desa Kepek ada 98 warga yang berhak menerima BLT Dana Desa. “Jumlahnya kami sesuaikan denga aturan karena anggaran dana desa kurang dari Rp1,2 miliar, maka alokasinya hanya 30 persen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement