Puskesmas Akan Layani Pengambilan Swab Covid-19

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
11 Juni 2020 18:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sedikitnya 31 petugas dari puskemas mengikuti pelatihan On The Job (OTJ) pengambilan swab. Diharapkan dengan pelatihan ini, maka puskesmas bisa melakukan swab secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, selama ini pengabilan tes swab dilakukan di RSUD Wonosari. Namun ke depannya, akan ada peningkatan kapasitas petugas analis di puskesmas. Salah satunya untuk pelayanan swab secara mandiri. “Jadi program itu bagian dari upaya mengurangi beban kerja di RSUD karena selama ini swab dibebakan kepada mereka [RSUD],” katanya kepada wartawan, Kamis (11/6/2020).

Menurut dia, pelatihan pengambilan swab ini bekerjasama dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY. “Jadi nantinya puskemas bisa memberikan pelayanan melalui petugas yang mengikuti pelatihan,” kaanya.

Dewi menuturkan, program ini sebagai upaya memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. “Intinya dalam pelatihan itu, petugas diberikan terkait materi serta tata cara pengambilan swab. Dengan begitu, nantinya warga tidak harus ke RSUD yang jadi rujukan Covid-19 karena sudah bisa dilayani di puskesmas,”.