Advertisement

Belajar Daring Berlanjut, 49 Sekolah di DIY Tak Terhubung Internet

Lugas Subarkah
Senin, 22 Juni 2020 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Belajar Daring Berlanjut, 49 Sekolah di DIY Tak Terhubung Internet Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 49 sekolah di DIY masih belum terhubung jaringan Internet atau blank spot. Padahal, tahun ajaran baru yang akan dimulai pada 31 Juli mendatang rencananya masih akan menggunakan sistem daring.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Bambang Wisnu Handoyo, menuturkan 49 sekolah tersebut tingkat SMA/SMK yang kebanyakan berlokasi di Gunungkidul dan Kulonprogo. "Untuk mensukseskan pendidikan online, blank spot harus kita atasi," ujarnya, Senin (22/6/2020).

Advertisement

Menurutnya, dengan atau tanpa Covid-19, pendidikan online harus dimulai dari sekarang. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan dunia pendidikan dengan perkembangan teknologi, dimana berbagai materi pelajaran sudah bisa diakses lewat jaringan internet.

Ia mencontohkan dalam pelajaran geografi, dulu siswa harus menghafal peta buta. Sekarnag, google menyediakan data yang lebih komprehensif. "Yang penting berapa persen olmu bisa didapat dari internet. Tatap muka semestinya hanya untuk pelajaran yang memang memerlukan tatap muka," katanya.

Untuk mendukung pendidikan online, pohaknya juga akan mengundang operator jaringan untuk bekerjasama, sehingga sekolah tidak perlu mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli pulsa. "BOS bisa digunakan untuk lainnyabyang lebih penting," ungkapnya.

Untuk mengoneksikan 49 sekolah yang masih blank spot, ia berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY. Jika tidak bisa diakomodir dalam Belanja Tidak Terduga (BTT), pengadaan akan dianggarkan dalam perubahan 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement