12 Pedagang Pasar Bantul & 1 Komisioner Bawaslu Reaktif Rapid Test Covid-19

Ilustrasi - Antara/Umarul Faruq
25 Juni 2020 13:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 12 pedagang pasar dan satu komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul reaktif saat rapid test Covid-19 di Pasar Bantul, Rabu (24/6/2020) dan Kamis (25/6/2020).

Plt Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Budi Nur Rokhmah mengatakan 461 orang dites cepat selama dua hari. Pada Rabu ada 260 orang yang dites, terdiri 250 pedagang, 1 komisioner Bawaslu, dan sembilan pengawas kecamatan dan desa. Sehari kemudian, giliran 201 pedagang yang dites cepat.

BACA JUGA: 709 Pedagang Pasar Tradisional Terjangkit Covid-19, 32 Meninggal Dunia

“Pada hari pertama, ada dua pedagang dan satu komisioner Bawaslu yang reaktif. Untuk hari ini, 10 pedagang yang reaktif,” katanya.

Budi mengungkapkan ketiga belas orang yang reaktif tersebut selanjutnya telah dibawa ke RS Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro. Mereka harus menjalani isolasi selama 14 hari sembari menunggu hasil swab test.

BACA JUGA: Paspor Digital Wajib Dimiliki Wisatawan di Jogja, Ini Cara Membuat dan Menggunakannya

Budi mengatakan rapid test terhadap pengawas adalah permintaan dari Bawaslu Bantul. “Karena mereka punya mobilitas tinggi dan banyak berinteraksi dengan banyak orang,” ucap Budi.

Ketua Bawaslu Bantul Harlina mengakui satu komisionernya reaktif saat menjalani rapid test di Pasar Bantul. Saat ini, komisioner Bawaslu tersebut juga menjalani isolasi selama 14 hari di RS Lapangan Khusus Covid-19.

“Aktivitas bawaslu saat ini tidak ada kendala,” ucapnya.