Advertisement

Wisatawan di Bantul Hingga Gunungkidul Diserang Ubur-Ubur

Ujang Hasanudin & David Kurniawan
Minggu, 05 Juli 2020 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Wisatawan di Bantul Hingga Gunungkidul Diserang Ubur-Ubur Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Ratusan wisatawan di Bantul hingga Gunungkidul tersengat ubur-ubur saat berwisata di pantai.

Wisatawan kembali menjadi korban sengatan ubur-ubur di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul. Dalam dua hari terakhir sudah lebih dari 200 orang yang tersengat impes-sebutan ubur-ubur bagi warga Bantul tersebut.

Advertisement

Sekretaris II Sarlinmas Wilayah III Parangtritis, Rinto Rafli mengatakan 200an wisatawan yang tersengat ubur-ubur itu tercatat melalui Posko Sarlinmas Parangtritis karena membutuhkan pengobatan selama Sabtu lalu hingga Minggu siang, “Ada juga yang tidak diobati, tidak tercatat,” kata dia, Minggu (5/7/2020).

Rinto mengatakan serangan ubur-ubur itu sebenarnya sudah terjadi sejak akhir Mei dan awal Juni lalu. Namun saat itu belum banyak yang tersengat karena wisatawannya juga sedikit dan sebagian besar adalah warga lokal.

Kali ini yang tersengat cukup banyak karena jumlah wisatawan juga banyak. Serangan ubur-ubur menimpa anak-anak dan orang dewasa, namun sebagian besar adalah anak-anak karena anak-anak yang biasanya tergoda untuk memegang binatang laut yang bergelembung, berakar, dan berwarna kebiruan itu.

BACA JUGA: Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswa Jogja Tersungkur dan Terbentur Aspal di Jalan Gejayan

Korban yang terkena sengata ubur-ubur akan merasakan gatal-gatal, mules diperut, panas area punggung hingga luka ringan kemerahan. Namun demikian, Rinto memastikan korban sengata ubur-ubur itu tidak ada yang sampai fatal atau sampai dibawa ke rumah sakit. “Semua korban dapat ditolong dengan pengobatan tradisional oleh anggota Sarlinmas,” kata Rinto.

Koordinator Sarlinmas Wilayah III Parangtritis, Ali Sutanto menambahkan ancaman serangan ubur-ubur kemungkinan terjadi sampai akhir Juli atau bersamaan dengan musim dingin. Ia meminta kepada wisatawan untuk berhati-hati dan tidak menyentuh ubur-ubur. “Biasanya anak-anak tergoda untuk memegang karena bentuknya yang lucu,” ucap Ali.

Di Gunungkidul sedikitnya 40 pengujung di Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari tersengat ubur-ubur pada Minggu (5/7/2020). Keberadaan hewan ini harus diwaspadai karena bisa menyerang pengunjung yang bermain di pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, korban serangan ubur-ubur terus bertambah. Total hingga sekarang sudah ada lebih dari 200 orang yang terserang. "Untuk hari ini ada 40 orang. Rinciannya 30 korban tersengat di Pantai Kukup dan sepuluh lainnya tersengat di Pantai Ngrawe," kata Marjono, Minggu.

Meski banyak yang tersengat, namun para wisatawan dapat ditolong dengan mendapatkan perawatan dari petugas SAR. Adapun efek dari sengatan bervariasi mulai dari gatal-gatal atau terasa terbakar di sekitar lokasi tersengat. Namun apabila kondisi tubuh menurun korban bisa mengalami sesak nafas hingga pingsan.

Dia pun berharap pengunjung tetap berhati-hati karena serangan ubur-ubur diprediksi sampai Agustus mendatang. "Bentuknya memang menarik sehingga setiap yang melihat ingin menyentuhnya. Tapi jangan disentuh karena bisa menyengat. Untuk korban, kebanyakan adalah anak-anak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement