Pasien Positif Corona ke 16 di Kulonprogo Sempat Non Reaktif

Ilustrasi. - Freepik
07 Juli 2020 05:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Sebelum dinyatakan positif berdasarkan hasil test swab, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kulonprogo dengan penomoran KP-16 sempat melakukan rapid test dan hasilnya non reaktif.

Juru bicara RSUD Wates untuk penanganan Covid-19, Albertus Sunuwata Triprasetya, menjelaskan pasien yang diketahui bekerja sebagai karyawan pengecek barang di sebuah toko waralaba di Semarang ini sempat melakukan rapid test di Semarang pada 22 juni dengan hasil non reaktif. Sehari berselang, pasien ini pulang ke Kulonprogo. Kepulangan itu kata Sunu, rutin dilakukan pasien tersebut tiap seminggu sekali.

Namun pada 29 Juni pasien mengeluhkan batuk, dan berinisiatif periksa di RSUD Wates. Karena tak kunjung sembuh, pasien lantas melakukan rapid test pada 2 Juli yang hasilnya reaktif. "Lalu pada 3 Juli pasien menjalani test swab dan ternyata hasilnya positif. Hari itu juga pasien langsung opname di RSUD Wates," ujar pria yang akrab disapa Sunu itu, Senin (6/7/2020).

KP-16 merupakan pasien ke 16 di Kulonprogo yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien ini merupakan laki-laki berusia 36 tahun asal Kapanewon Pengasih.

Berdasarkan hasil tracing Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo yang dilakukan kepada KP-16, ditemukan 16 orang pernah melakukan kontak erat. Ke 16 orang itu kemudian menjalani rapid test. Hasilnya ada satu yang dinyatakan reaktif.

Satu orang reaktif yang diketahui merupakan anak dari KP-16 berusia 4 tahun itu kemudian menjalani test swab pada Senin (6/7/2020). Sisanya melakukan isolasi mandiri sembari menunggu dilakukan rapid test kedua pada 10 hari ke depan.

"Untuk hasilnya [test swab] belum keluar," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayu Jati.

Untuk saat ini, total keseluruhan pasien terkonfirmasi positif di Kulonprogo terdapat 16 orang dengan 13 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Tiga pasien lainnya yakni KP-16, KP-14 dan KP-13 masih menjalani perawatan di RSUD Wates.