Advertisement

Tak Ada Penyakit Penyerta & Hasil Tes Negatif, 2 PDP Corona di DIY Ini Meninggal Dunia

Lugas Subarkah
Senin, 13 Juli 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Tak Ada Penyakit Penyerta & Hasil Tes Negatif, 2 PDP Corona di DIY Ini Meninggal Dunia Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tiga pasien dalam pengawasan (PDP) yang dilaporkan meninggal pada Minggu (12/7/2020) lalu, dua diantaranya telah diketahui hasil pemeriksaan swabnya pada Senin (13/7/2020), sementara satu lainnya masih menunggu hasil laboratorium.

Juru Bicara Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan dua PDP tersebut hasil pemeriksaan swabnya negatif Covid-19, yakni perempuan 50 tahun warga Sleman dan bayi perempuan delapan bulan warga Kebumen domisili Sleman.

Advertisement

Sedangkan PDP satunya lagi yakni laki-laki 82 tahun warga Gunungkidul masih menunggu hasil laboratorium. Hingga saat ini, ketiganya belum diketahui riwayat penyakitnya. “Masih dicari info penyakit penyertanya,” ujarnya.

Ia mengklaim jika PDP hasil swabnya negatif maka bisa dipastikan penyebab kematiannya adalah penyakit lain. Namun, penyakit penyerta ini tidak selalu diketahui karena tidak semua rumah sakit menyampaikan laporan dengan lengkap dan tepat waktu.

Seseorang dimasukkan dalam daftar PDP kata dia, berdasarkan gejala klinis dan Riwayat perjalanannya. Sedangkan banyak penyakit selain Covid-19 yang memiliki gejala klinis sama dengan Covid-19. “Untuk pemastian diagnose covid-19 hanya dengan uji laboratorium PCR,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement