Advertisement

Aptisi Luncurkan Jogjaversitas.id, Solusi Mudah bagi Calon Mahasiswa Mendaftar PTS

Newswire
Minggu, 26 Juli 2020 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Aptisi Luncurkan Jogjaversitas.id, Solusi Mudah bagi Calon Mahasiswa Mendaftar PTS Ilustrasi belajar. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) DIY memberikan cara yang lebih mudah bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTD) di DIY. Cara yang dilakukan dengan meluncurkan Jogjaversitas.id.

Kehadiran Jogjaversitas.id merespon dampak pandemi COVID-19, khususnya di bidang pendidikan tinggi. Jogjaversitas.id adalah upaya Aptisi DIY untuk menyelenggarakan promosi dan seleksi masuk PTS secara kolektif, untuk meningkatkan animo pendaftar dan calon mahasiswa yang ingin kuliah di DIY.

Advertisement

Ketua Aptisi DIY, Prof.Fathul Wahid mengatakan, Jogjaversitas.id adalah laman jejaring seleksi bersama PTS, yang saat ini telah diikuti oleh lebih dari 40 PTS berkualitas di DIY. Jumlah tersebut juga akan terus bertambah. Ada sebanyak 80 program studi, yang bisa menjadi pilihan bagi pendaftar.

"Peluncuran Jogjaversitas menjadi bentuk kesiapan PTS yang ada di DIY, dalam menyambut mahasiswa baru di tengah pandemi. Dengan cara memudahkan seleksi masuk, serta berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan berkualitas," kata dia, kepada wartawan, usai peluncuran laman Jogjaversitas.id, Sabtu (25/7/2020).

Melalui laman Jogjaversitas.id, pendaftar cukup satu kali memasukkan nilai rapor dan dapat memilih tiga program studi dari perguruan tinggi berbeda, yang ada di wilayah DIY.

Baca Juga: Gara-Gara Corona, Kampus Swasta Terkendala Promosi untuk Gaet Mahasiswa Baru

Hasil seleksi diumumkan langsung setelah pendaftar selesai memilih program studi dan memasukkan nilai rapor.

"Dengan pola seleksi tersebut, kehadiran Jogjaversitas memberikan kemudahan. Khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di luar DIY, untuk dapat mendaftar kuliah di berbagai PTS yang ada di DIY, tanpa harus keluar rumah," ungkap Fathul yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia itu.

Jogjaversitas bukan satu-satunya jalur bagi calon mahasiswa untuk mendaftar ke PTS, melainkan menjadi salah satu jalur saja.

"Kedaulatan PTS kami hargai, silakan mereka menjalankan program, PMB (penerimaan mahasiswa baru) seperti yang sudah ada di PTS masing-masing. Tapi, bisa menambah jalur bersama Aptisi [Jogjaversitas.id]. Kami membangun sistem yang fleksibel, karena kami ingin siapapun bisa kuliah," terangnya.

Mendaftar lewat Jogjaversitas tak dikenakan biaya alias gratis. Bahkan pihak Aptisi dan Jogjaversitas.id pun tidak menarik biaya dari PTS yang bergabung dalam sistem laman tersebut, sambung Fathul.

Baca Juga: Kasus Positif Tembus 180, Ini Data Terbaru Sebaran Covid-19 Tiap Kecamatan di Sleman

Setelah mendaftar, tiap PTS akan menerapkan verifikasi dari setiap data dan dokumen yang dikumpulkan oleh para pendaftar.

Konten Laman 'Ala Yogya'

Fathul menyatakan, dalam laman tersebut tidak dicantumkan akreditasi PTS, baik institusi maupun program studi.

Tujuannya, agar pendaftar sendiri yang aktif mencari informasi mengenai PTS dan program studi yang akan mereka pilih. Sekaligus mendorong PTS aktif memperbaiki laman jejaring institusi mereka.

"Jadi kami menerapkan promosi gaya Yogya; duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Semua PTS sama," imbuh dia.

Hanya memang, laman juga menyediakan fitur yang membantu mengarahkan calon pendaftar, untuk menemukan tautan yang berisikan informasi tentang PTS yang diminati. Baik dari sumber terkait maupun PTS yang bersangkutan.

Ketua LL Dikti Wilayah V DIY, Didi Achjarie menyatakan, konsep serupa Jogjaversitas juga digulirkan ke perguruan tinggi lain yang ada di wilayah LL Dikti selain Wilayah V. Harapannya, bisa diterapkan karena lebih baik dan efektif ketimbang mengembangkan sistem sendiri-sendiri di masing-masing PTS.

Didi menambahkan, di DIY, tercatat ada sebanyak 7 PTS terakreditasi institusi A. Secara global, kampus-kampus di Yogyakarta menunjukkan keinginan yang baik dalam mengembangkan institusinya. Hal itu sangat positif, walaupun seperti diketahui, kondisi pandemi saat ini memberikan keterbatasan dalam beberapa hal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement