Advertisement

Perahu Terbalik, Tiga Nelayan di Gunungkidul Selamat

David Kurniawan
Rabu, 29 Juli 2020 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perahu Terbalik, Tiga Nelayan di Gunungkidul Selamat Ilustrasi penyelamatan nelayan. - Istimewa/Dokumen SAR Wilayah I DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kapal nelayan pencari lobster di kawasan Pantai Drini, Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari terbalik karena diterjang ombak, Rabu (29/7/2020) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena ketiga nelayan berhasil diselamatkan.

Peristiwa kecelakaan laut ini bermula dari aktivitas nelayan mencari lobster. Di satu perahu ini terdapat tiga nelayan atas nama Harjito,50; Ngadiman,55 dan Tugino,45 asal Kalurahan Banjarejo. Saat coba menarik jaring rendet penangkap lobster, tiba-tiba datang ombak besar. Perahu pun oleng hingga akhirnya terbalik.

Advertisement

Ketiga nelayan pun melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. Beruntung ketiga nelayan berhasil diselamatkan menggunakan perahu lain oleh nelayan dan petugas SAR.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Surisdiyanto mengatakan, ketiga nelayan sudah diselamatkan tanpa ada luka sedikitpun. Untuk perahu juga sudah dievakuasi dan dibawa ke Pantai Drini. “Laka laut terjadi karena perahu dihantam ombak besar, tapi ketiga nelayan dapat diselamatkan sehingga tidak ada korban jiwa,” kata Suris kepada wartawan, Rabu.

Ia pun berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama agar saat beraktivitas di laut selalu berhati-hati dan waspada. Selain itu, untuk keselamatan para nelayan juga dihimbau terus menggunakan jaket pelampung. Alat pelindung ini dibutuhkan untuk penyelamat saat terjadi kondisi yang mendesak atau daruat. “Pelampung bisa jadi pengaman. Jadi, saat beraktivitas diharakan selalu memakainya sehingga saat terjadi kecelakaan tidak berakibat fatal,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement