Advertisement

Bupati Sri Purnomo Tegaskan Salat Iduladha Tidak Boleh Dilaksanakan di Ruang Terbuka

Nina Atmasari
Kamis, 30 Juli 2020 - 20:02 WIB
Nina Atmasari
Bupati Sri Purnomo Tegaskan Salat Iduladha Tidak Boleh Dilaksanakan di Ruang Terbuka Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam kegiatan panen raya padi di Bulak Jabung, Pandowoharjo, Rabu (1/4/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pada Hari Raya Iduladha ini, Pemkab Sleman masih melarang pelaksanaan Salat Id digelar di ruang terbuka atau di lapangan.

Aturan tersebut rupanya menimbulkan banyak pertanyaan dari warga Sleman. Menjawab pertanyaan publik tentang penyelenggaraan ibadah ini, Bupati Sleman Sri Purnomo memberikan penjelasan.

Advertisement

Baca juga: Di Sleman, Tak Diizinkan Salat Iduladha di Lapangan

Sri Purnomo memberikan klarifikasi melalui media sosial facebook. Ia menyebutkan dirinya banyak menerima pertanyaan tentang pelaksanaan salat Iduladha.

"Sederek sembada sekalian, terkait banyak pertanyaan ke saya tentang pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini bagaimana?
#SriPurnomo menjawab:," tulisnya dalam akun facebook Sri Purnomo, pada Kamis (30/7/2020).

Ia menegaskan Pemkab Sleman memang mengeluarkan aturan tersebut.

"Jadi tahun ini Pemkab Sleman mengeluarkan kebijakan bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha tidak boleh dilaksanakan di ruang terbuka. Sholat Idul Adha berjema'ah hanya bisa dilaksanakan di Masjid yang sudah mengantongi surat rekomendasi aman Covid-19," tulisnya.

Baca juga: Ini Pesan Menag Terkait Pemotongan Hewan Korban di Tengah Pandemi..

Tak lupa, ia juga mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Dan satu lagi, selalu patuhi protokol kesehatan di mana saja sederek sembada sholat berjama'ah. Pakai masker, jaga jarak, dan sebaiknya membawa perlengkapan sholat sendiri-sendiri. Mari patuhi aturan demi kebaikan bersama. Matur nuwun," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan Pemkab tetap tidak memberikan izin pelaksanaan Salat iduladha di lapangan. Salah satu alasannya karena sampai saat ini masih muncul kasus-kasus baru positif Covid-19 di wilayah Sleman.

"Jadi prinsipnya protokol pelaksanaan Salat iduladha sama saat diterapkan pada Salat Idulfitri. Sampai saat ini kami belum mengeluarkan rekomendasi untuk Salat Iduladha di lapangan," ujar Joko, Rabu (29/7/2020).

Meskipun tidak merekomendasikan pelaksanaan Salat Iduladha di lapangan, Joko tidak mempersoalkan pelaksanaan Salat Iduladha di masjid-masjid yang sudah mengantongi rekomendasi. "Kalau masjid sudah mengantongi rekomendasi aman Covid-19, masih boleh melaksanakan Salat Iduladha secara berjamaah," katanya.

Hanya saja, ia tetap mengingatkan agar pelaksanaan Salat berjamaah di masjid tetap dilakukan sesuai prosedur dan protokol kesehatan. Pakai masker hingga pengukuran suhu tubuh jamaah. "Kalau Salat Iduladha dilaksanakan di lapangan jemaah bisa datang dari mana saja, tidak ada kontrol dan pengawasan. Ini berbeda dengan di masjid yang akses jemaah masuk hanya satu pintu," kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement