Tes SKB CPNS: Peserta Mulai Memilih Tempat Ujian, Waktu Pelaksanaan Menunggu Pusat

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
03 Agustus 2020 08:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI–Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul telah mengumumkan tahapan tes lanjutan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil. Adapun tahapan memasuki seleksi kemampuan bidang. Total peserta yang lolos ke tahapan Tes SKB untuk Gunungkidul ada 601 pendaftar.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai, BKPP Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan, pihaknya sudah mulai mempersiapkan untuk lanjutan tes CPNS. Rencananya tes SKB akan dilaksanakan di rentang waktu September hingga Oktober mendatang. Adapun kepastian waktu masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat.

Meski demikian, sambung Reni, upaya persiapan telah dilakukan. Salah satunya mengumumkan peserta yang lulus tes tahap pertama dan berhak mengikuti tes lanjutan untuk kompetensi bidang. Selain itu juga sudah diumumkan di laman resmi milik BKPP berkaitan dengan pemilihan lokasi ujian tes SKB.

BACA JUGA : Peserta SKB CPNS Bisa Ubah Lokasi Maksimal 3 Kali 

“Peserta yang lolos bisa memilih  lokasinya mulai 1-7 Agustus melalui situs yang telah disediakan di sscn.bkn.go.id,” katanya, Minggu (2/8/2020).

Dalam pemilihan lokasi ujian SKB, peserta diberikan kebebasan untuk memilih sebanyak tiga kali. Meski demikian, disarankan peserta memilih lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal sehingga akses menuju lokasi ujian bisa lebih mudah.

“Untuk DIY, salah satu lokasi tes berada di Jogja Expo Center (JEC). Sedangkan untuk lokasi lain, saya belum mengecek di sistem,” katanya.

Untuk tes CPNS, di Gunungkidul ada 2.622 peserta yang ikut ujian Seleksi Kompetensi Dasar. Meski demikian, tidak semua perserta lolos karena yang dinyatakan maju ke tahapan berikutnya hanya sebanyak 603 pendaftar. “Peserta yang lolos berhak ikut tes SKB,” katanya.

BACA JUGA : Peserta Tes CPNS 2019 Wajib Daftar Ulang SKB 

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan edaran berkaitan dengan lanjutan CPNS formasi 2019. Adapun tahapan sekarang masih sebatas pemilihan lokasi dan pencetakan kartu ujian SKB.

“Sudah diumumkan dan peserta yang lolos bisa memilih lokasi ujiannya,” katanya.

Menurut Drajad, setelah memilih lokasi, pada 8 Agustus peserta bisa mencetak kartu ujian. Meski demiian, ia belum bisa memastikan waktu pelaksanaan ujian karena masih menunggu instruksi lebih lanjut.

“Terkait dengan pelaksanaan SKB mulai dari hari, tanggal dan jam serta sesi ujian akan diumumkan melalui situs milik BKPP. Untuk informasi CPNS, kami juga membuka layanan di 0274-391393 yang dibuka setiap hari pada saat jam kerja,” katanya.