Advertisement

Butuh Layanan Buku dan Dokumen Arsip di Jogja? Seperti Ini Operasional selama Pandemi Covid-19

Catur Dwi Janati
Selasa, 18 Agustus 2020 - 07:37 WIB
Nina Atmasari
Butuh Layanan Buku dan Dokumen Arsip di Jogja? Seperti Ini Operasional selama Pandemi Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Buku dan dokumen arsip menjadi salah satu benda penting bagi peneliti maupun mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi, tesis, hingga disertasi. Namun selama pandemi, mobilitas yang terbatas dan penyesuaian layanan perpus membuat peneliti cukup kesusahan.

Salah satu lokasi dengan berbagai arsip penting adalah Museum Sonobudoyo. Memiliki koleksi buku, serat, hingga benda-benda budaya masa lalu, membuat lokasi tersebut sering dikunjungi peneliti.

Advertisement

Baca juga: Ini Perbedaan Upacara HUT Ke-75 RI dengan Peringatan HUT RI Sebelumnya 

Kepala Museum Sonobudoyo, Setyawan Sahli yang kerap disapa Iwan mengatakan selama pandemi peneliti tetap diizinkan masuk dengan catatan mentaati protokol Covid-19. "Prosedur sama seperti pengunjung museum," jelasnya dihubungi pada Minggu (17/8/2020).

Meski demikian Museum Sonobudoyo belum dapat melayani peneliti secara daring. Iwan menjelaskan sementara koleksi hanya boleh dibaca di tempat dan tidak boleh dibiarkan pulang atau keluar. "Harus ada surat permohonan penelitian dari dosennya," jelasnya.

Sama halnya dengan Museum Sonobudoyo, perpustakaan Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menjadi lokasi yang sering dikunjungi peneliti. Meski masih dapat dikunjungi secara langsung, namun saat ini sifatnya terbatas.

Baca juga: Layanan Penukaran Uang Baru Rp75.000 Bisa Dilakukan di 5 Bank, Ini Syaratnya..

Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Seni Budaya, Padmono Anggoro Prasetyo mengatakan selama pandemi pengunjung nyaris tidak ada di perpustakaan TBY. Kesempatan ini digunakan Anggoro membuat katalog online sehingga kedepannya daftar arsip dilihat secara daring.

Sementara itu salah satu layanan bidang perpustakaan dan arsip yang saat ini bisa dibaca secara daring adalah Instalasi Arsip milik DInas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogjakarta. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogjakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan peneliti dan mahasiswa bisa dilayani di Instalasi Arsip di Ngampilan. "Di sana ada layanan, datang ngasih surat kemudian kita layani," jelasnya.

Wahyu mengatakan pihaknya telah mengembangkan inovasi agar peneliti bisa melihat khasanah arsip melalui website. Aplikasi tersebut bernama Mariska (Mencari Arsip Melalui Layar Kaca).

"Ada headnote - nya, seandainya mau melihat izin dulu, kalau di arsip prosedurnya memang seperti itu, hanya orang yang berhak yang boleh mengakses, dinyatakan deng surat dulu, bikin surat kami kaji nanti kami layani," jelasnya.

Sementara itu menyangkut ruang restorasi arsip yang dulu sempat terbakar Wahyu mengatakan saat ini sudah difungsikan lagi. "Tahun pertama kita mengalami musibah, melalui anggaran kita yang ada pemeliharaan kita bisa membantu di akhir tahun juga sudah dibenahi," jelasnya.

Wahyu menjelaskan ruang yang terbakar tersebut merupakan ruang arsip musnah. "Jadi Arsipanya memang potensi musnah sehingga langsung kita musnahkan melalui kegiatan penilaian,"ujar Wahyu.

"Sekarang ruang arsip nya sudah berfungsi kembali yang menyimpan arsip potensi musnah untuk segera dinilai lalu dimusnahkan, kebakaran tidak membuat arsip penting hilang atau rusak, kebetulan kami segera mengetahui sehingga dapat dilokasir," imbuhnya.

"Kalau berkunjung di tempat kami ruang arsipnya terpisah pisah tidak ada yang menghubungkan sehingga [kebakaran] tidak merembet yang lain, jadi khasanah arsip statis kita aman," tambah Wahyu.

Wahyu tengah mencoba membangun sistem penanggulangan kebakaran tahun ini, tapi karena refocusing anggaran pihaknya akan mengulanginya lagi tahun depan.

"Sebetulnya sudah ada [sistem penanggulangan kebakaran] tapi kurang canggih, besok itu akan kita percanggih, tahun ini sebenarnya, karena refocusing makanya tahun depan," ujarnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan restorasi arsip sama seperti biasanya, menjaga arsip statis lama tetap direstorasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement