4 Pasang Bakal Calon Bupati dan Wabup Gunungkidul Mendaftar di KPU, Semua Dinyatakan Lengkap

Ilustrasi. - Freepik
07 September 2020 05:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Ketua KPU Gunungkidul Ahmad Ruslan Hani memastikan ada empat bakal pasangan calon yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2020 di Gunungkidul. Ia pun memastikan berkas persyaratan yang diserahkan telah dinyatakan lengkap.

“Masing-masing pasangan sudah kami berikan berita acara penyerahan berkas pendaftaran,” kata Hani, Minggu (6/9/2020).

Baca juga: Bukan Petahana, Danang-Choliq Usung Misi Perubahan di Pilkada Sleman

Dia menjelaskan, pasangan Sunaryanto dan Heri Susanto yang diusung Golkar dan PKB merupakan bapaslon terakhir yang mendaftar ke KPU. Sebelumnya sudah ada tiga pasangan yang mendaftar, yakni Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi yang diusung PDI Perjuangan; Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto yang diusung koalisi PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat. Sedangkan untuk pasangan Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi diusung oleh Partai Nasdem.

Menurut Hani, setelah berkas dinyatakan lengkap, tahapan pencalonan akan dilanjutkan untuk proses verifikasi administrasi berkas persyaratan pencalonan. Pengecekan dilakukan untuk meneliti kebasahan berkas yang diserahkan oleh bapaslon. “Pengecekan kami tidak sendiri karena akan melibatkan instansi terkait,” katanya.

Baca juga: Intoleransi di DIY Meningkat 5 Tahun Terakhir, Ada Motif Politik Hingga Ekonomi

Dia memastikan, hasil dari verifikasi administrasi nantinya akan disampaikan ke masing-masing pasangan. Apabila ada berkas yang dinyatakan kurang, maka ada waktu untuk perbaikan. “Verifikasi adminsitrasi dilakukan 14-16 September. Sedangkan untuk perbaikan diberikan waktu mulai 16-22 September,” katanya.