Advertisement

Petugas Temukan Banyak Wisatawan Pakai Masker Asal-Asalan

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 07 September 2020 - 16:57 WIB
Sunartono
Petugas Temukan Banyak Wisatawan Pakai Masker Asal-Asalan Personil SRI Wilayah V Kulonprogo saat mendata pengunjung pantai yang tak patuh protokol kesehatan di kawasan Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Minggu (6/9/2020). - Ist/Satlinmas.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, masih menjumpai pengunjung pantai yang tidak patuh protokol kesehatan. Trutama soal pemakaian masker yang tidak dilakukan dengan baik dan benar atau asal-asalan.

Hal itu diketahui saat petugas melakukan patroli dalam operasi penegakan protokol kesehatan yang digelar rutin tiap Sabtu dan Minggu. Terjaring setidaknya puluhan wisatawan yang tidak mengenakan masker dengan benar, dan terkesan hanya dipakai asal-asalan.

Advertisement

BACA JUGA : Sleman Siapkan Sanksi untuk Pelanggar Protokol Kesehatan

"Kalau saat hari Sabtu kami menemukan sekitar 25 pengunjung, dan Minggu bisa lebih dari 50 pengunjung. Mereka sebenarnya memakai masker tapi pakainya itu enggak benar, biasanya hanya sampai dagu aja," ujar Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, Senin (7/9/2020).

Terhadap pengunjung yang melanggar protokol kesehatan, petugas akan melakukan pendataan dan pembinaan. Pengunjung juga diminta membuat surat pernyataan yang isinya tidak mengulangi perbuatannya. Bagi pengunjung yang kedapatan tidak mengenakan masker, petugas akan memberikan masker secara gratis.

"Alasannya sih macam-macam, tapi biasanya tertinggal di mobil atau lupa. Nah kalau sudah gitu kita ya langsung berikan masker gratis," ucap Aris.

BACA JUGA : Anda Melanggar Protokol Kesehatan? Siap-Siap Disuruh

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan wisata pantai, SRI Wilayah V Kulonprogo membagikan masker ke beberapa paguyuban wisata mulai dari Pantai Trisik, Galur hingga kawasan hutan mangrove, Temon.

Petugas juga diterjunkan untuk mengingatkan pelaku wisata maupun pengunjung pantai agar tidak berkerumun dan senantiasa membersihkan diri menggunakan air mengalir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement