Buntut Munculkan Kasus Positif Covid-19, Sejumlah Ketua RW di Kotabaru Jalani Swab

Ilustrasi. - Freepik
10 September 2020 17:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--- Kasus Covid-19 mencuat akhir-akhir ini. Dampak dari sebaran kasus bahkan membuat Kantor Kelurahan Kotabaru ditutup. Namun atas simpang siurnya beberapa informasi, salah seorang RW di Kotabaru pun angkat bicara.

Ketua RW 3 Kelurahan Kotabaru, Bagus menjelaskan memang ada seorang warganya yang merupakan lansia meninggal dunia dan selanjutnya diketahui positif Covid-19. Lansia tersebut merupakan seorang kakek berusia 81 tahun. Hal ini mengoreksi informasi yang sebelumnya diberitakan bahwa jenis kelamin lansia tersebut adalah perempuan.

Dari lansia tersebut, selanjutnya diketahui anaknya yang seorang relawan kampung terkonfirmasi positif dan beberapa kasus lain dari Lurah hingga Ketua RW yang diberikan positif. Namun ada koreksi terkait waktu wafatnya lansia tersebut yang disampaikan Bagus yang dihubungi Kamis (10/9/2020) melalui telepon. Jika sebelumnya informasi bahwa lansia tersebut meninggal pada 26 Agustus 2020, hal tersebut berbeda dari pernyataan Bagus. Menurut keterangan Bagus, lansia tersebut wafat pada 21 Agustus 2020, setelah sehari sebelumnya di bawa ke rumah sakit.

Poin lain yang disanggah oleh Bagus adalah adanya informasi bahwa di rumah lansia tersebut sebelumnya sempat dsinggahi kerabat dari Jakarta. Secara tegas Bagus yakin tahu betul bahwa tidak ada kerabat atau orang yang datang dari Jakarta di tempat lansia tersebut. "Kalau tahu betul, orang itu warga saya," ujarnya.

Bagus juga menyangkal bahwa banyak informasi beredar yang mengatakan bahwa salah seorang RW di Kotabaru ikut terpapar positif karena. Menurut pengakuannya, bahwa dia bersama dua ketua RW lainnya baru menjalani uji usap hari ini, sehingga belum ada hasil konfirmasi positif dari ketiganya. Dikatakan Bagus, bahwa saat ini Kelurahan Kotabaru masih kondusif. Pasien OTG yang menjalani isolasi mandiri pun dalam pengawasan warga. Logistik pasien yang menjalani isolasi pun dipasok secara swadaya oleh masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi pada Rabu (9/9/2020) tegas mengatakan bahwa dari kasus Kotabaru terdapat tiga tambahan positif. Tiga tambahan tersebut merupakan satu Ketua RW dan dua orang Linmas.