Lampaui Target Sensus Penduduk Online, Kulonprogo Terima Penghargaan

Bupati Kulonprogo, Sutedjo (dua dari kiri) saat menerima piagam penghargaan yang diserahkan oleh Kepala BPS DIY, Heru Margono (tiga dari kiri) di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kapanewon Wates, Kamis (10/9/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
11 September 2020 08:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kulonprogo karena berhasil mensukseskan sensus penduduk (SP) online 2020.

Kesuksesan itu dilihat dari tercapainya target response rate yang merupakan persentase banyaknya responden yang menjawab instrumen penelitian secara valid terhadap jumlah sampel yang ditetapkan.

BACA JUGA : Sensus Penduduk Online Hampir Capai Target

Kepala BPS Kulonprogo, Sumarwiyanto mengatakan total response rate di Kulonprogo untuk SP online 2020 yang digelar pada 15 Februari sampai dengan 29 Mei lalu mencapai 28.769 kepala keluarga (KK). Jumlah itu melampau target yang ditentukan baik oleh BPS pusat, provinsi dan kabupaten yakni 28.223 KK.

"Dengan tercapainya target response rate, maka Kulonprogo menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan ini. Untuk wilayah DIY sendiri selain Kulonprogo juga ada Gunungkidul dan Kota Jogja" kata Sumarwiyanto di sela-sela penyerahan piagam penghargaan oleh BPS pusat yang diwakilkan Kepala BPS DIY, Heru Margono, kepada Bupati Kulonprogo, Sutedjo di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kapanewon Wates, Kamis (10/9/2020) sore.

Mantan Kepala BPS Gunungkidul ini mengatakan tercapainya target response rate yang berujung pemberian penghargaan tak lepas dari peran Pemkab Kulonprogo yang sejak awal telah berkomitmen mensukseskan SP online.

"Tentu respons rate ini terlampau karena ada dukungan dari pemerintah setempat," ucapnya.

Terkait SP langsung yang dilaksanakan selama sebulan terhitung sejak 1 September 2020, Sumarwiyanto optimis pihaknya bisa mendata seluruh penduduk di Kulonprogo. Optimisme ini muncul karena ia melihat antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Sejauh ini, petugas yang diterjunkan untuk melakukan pendataan secara door to door juga disebutnya tidak menemui kendala berarti.

BACA JUGA : Sensus Penduduk Online di Sleman Jauh dari Target

"Sejauh ini kami belum menemukan kendala, justru malah dimudahkan karena antusiasme masyarakat ikut kegiatan ini cukup bagus, dan sampai hari ini dari target 437.373 penduduk, kami sudah mendata sekitar 70 persennya," ujar Sumarwiyanto.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan BPS RI. Pihaknya berkomitmen bakal membantu kelancaran sensus penduduk karena kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembangunan bangsa.

"Perlu diketahui bahwa pembangunan hanya bisa sukses jika dilandasi dengan perencanaan yang baik. Nah rencana baik itu bermula dari data yang valid dan sensus kan bagian dari upaya mendapatkan data yang valid itu," ujar Sutedjo.