Puluhan Pejabat Pemkot Jogja Dilantik, Ini Pesan Wali Kota..

Sebanyak 31 pejabat Pemkot Jogja dilantik pada Jumat (11/9/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.
12 September 2020 07:47 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 31 pejabat  berbagai eselon di lingkungan Pemerintah Kota Jogja dilantik pada Jumat (11/9/2020). Beberapa pejabat menempati posisi strategis seperti Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, dan Staf Ahli Bidang Umum.

Posisi Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja yang sebelumnya diisi oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas, kini diisi oleh Kepala Dinas definitive Yetti Martanti. Sementara itu Hari Wahyudi yang sebelumnya menempati posisi Kepala BPBD Kota Jogja, saat ini mengisi kursi Staf Ahli Bidang Umum. Terakhir posisi Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang diisi oleh Wahyu Handoyo Hardjono.

BACA JUGA : 2 Pejabat Baru Pemkot Jogja Dilantik

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja yang baru saja dilantik Yetti Martanti menerangkan pihaknya akan fokus lebih dahulu menjalankan untuk kegiatan penyelarasan adaptasi kebiasaan baru. "Sehingga di sinilah sebenarnya bagaimana kita bicara tentang pandemi Covid-19 ini tidak hanya terkait kesehatan, ekonomi, dan sebagainya, justru disinilah, bagaimana pendekatan kebudayaan dibutuhkan untuk hal seperti ini," terangnya usai pelantikan.

Menurut Yetti, masyarakat sosial memiliki pengaruh luas terkait pandemi Covid-19. Nantinya program yang akan dilaksanakan, tentunya akan diseleraskan dengan kegiatan yang sudah ada.

"Tetapi kita perlu dioptimalkan, dikuatkan, tentunya juga ditingkatkan dengan program-program inovatif yang tentunya bisa lebih diterima masyarakat terkait dengan pelestarian, pengembangan budaya di Kota Jogja," ujarnya.

BACA JUGA : Pejabat Pemkot Jogja Minta Upeti Pemenang Proyek

"Bahwa adaptasi kebiasaan baru itu justru kita harus melihat masyarakat sosial menghadapi hal seperti dan ini pendekatan kebudayaan yang diperlukan untuk bagaimana masyarakat dan sosial berpengaruh besar terhadap pandemi Covid-19,"  ujarnya.

Dia menyebut Disbud Kota Jogja harus memahamkan masyarakat mengenai protokol kesehatan. "Karena sebenarnya masyarakat juga mengalami shock culture dengan adaptasi kebiasaan baru," imbuhnya.

Yetti menilai justru pendekatan budaya melalui program yang ada di Disbud Kota Jogja harus tersampaikan kepada masyarakat dengan lebih baik. "Supaya mereka lebih bisa menerima keadaan seperti ini dan semangat selalu menghadapi situasi saat ini," ungkapnya.

BACA JUGA : Pegawai Pemkot Jogja Kembali Terinfeksi Corona

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menyatakan pelantikan ini merupakan salah bentuk keseriusan Pemkot Jogja dalam mewujudkan upaya misi pembangunan yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. "Sebuah birokrasi yang ditandai atau memiliki tata kelola yang semakin efektif dan efisien serta pelayanan publik yang semakin berkualitas," ucapnya.

Haryadi meminta kepada para pejabat yang dilantik agar mampu memegang teguh visi Pemkot Jogja yang salah satunya yakni meneguhkan Kota Jogja sebagai kota nyaman huni dan pelayanan jasa yang berdaya saing kuat. "Itu harus menjadi kiblat dalam menjalankan program dan kegiatan," tegasnya.