Dukung Pengembangan Olahraga, Gandung Pardiman Bangun Sports Center di Ponjong

Anggota DPR RI Gandung Pardiman saat membuka Turnamen Tenis Gandung Pardiman Center (GPC) Cup 2020 di GPC Sports Center di Kalurahan Genjahan, Ponjong di akhir pekan lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan
27 September 2020 13:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Anggota DPR RI Gandung Pardiman berkomitmen untuk membantu pengembangan olahraga di Gunungkidul. Keseriusan ini dibuktikan dengan membangun sport center di Kalurahan Genjahan, Ponjong.

“Untuk saat ini fasilitas baru ada lapangan tenis, pingpong dan basket. Tapi kedepannya akan kami tambah lagi arena olahraganya,” kata Gandung kepada wartawan di akhir pekan lalu.

Menurut dia, sudah membuat proyeksi untuk pengembangan. Sebagai contoh, ia sudah menyiapkan untuk pembangunan lapangan futsal, voli bal hingga arena sepatu roda. Khusus untuk sepatu roda, Gandung mengaku masih akan berkoordinasi dengan pemerintah kalurahan guna memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk dibangun lintasan.

Baca juga: DPR: Penanggulangan Bencana Jangan Hanya Responsif

“Masih dalam komunikasi. Harapannya mau ditukar dengan tanah saya di tempat lain agar komplek arena olahraga bisa berada di satu kawasan,” ungkapnya.

Politikus senior Partai Golkar ini mengungkapkan, didalam pengembangan olahraga tidak hanya menyediakan sarana untuk latihan. Namun demikian, harus didukung dengan ajang perlombaaan sehingga kemampuan atlet bisa terus diasah sehingga memiliki mental juara sehingga dapat menorehkan prestasi kelak di kemudian hari.

“Untuk saat ini sudah ada lomba seperti basket ball, tenis dan pingpong. Ke depannya, ajang lomba ini akan terus ditingkatkan demi meningkatkan prestasi atlet di Gunungkidul,” katanya.

Baca juga: Ini Langkah Pemerintah Arab Saudi Percepat Pemulihan Sektor Pariwisata

Dia pun berharap dengan kawasan olahraga terpadu ini tidak hanya sebatas untuk berolahraga, namun dapat menelurkan bibit-bibit atlet berprestasi dari bumi handayani. “Pembinaan harus dilakukan secara berkelanjutan dan didukung dengan turnamen yang dapat meningkatkan kemampuan para atlet,” katanya.

Ketua KONI Gunungkidul, Jarot Budi Santoso mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah dari Gandung Pardiman untuk membuat kawasan kompleks olahraga terpadu. Menurut dia, sarana ini bisa menjadi tempat latihan sekaligus mencetak atlet-atlet berprestasi.

“Prestasi olahraga di Gunungkidul mulai ada perbaikan, tapi masih butuh peningkatan. Harapannya dengan adanya tempat latihan ini, maka kemampuannya bisa terus dibina diasah sehingga terus bisa berprestasi,” katanya.

Jarot menuturkan, selain fasilitas latihan yang memadai, untuk peningkatan prestasi, para atlet butuh berkompetisi. Menurut dia, kompetisi sangat penting karena tidak hanya mengasah kemampuan, tapi juga melatih mental saat bertanding. “Untuk bisa berprestasi memang butuh komitmen dan tidak bisa secara instan karena harus melalui pembinaan berjenjang,” katanya.