Advertisement

Cawabup Martanty Siapkan Program Digitalisasi 1.000 UMKM

David Kurniawan
Senin, 12 Oktober 2020 - 07:17 WIB
Sunartono
Cawabup Martanty Siapkan Program Digitalisasi 1.000 UMKM Calon Wakil Bupati Gunungkidul Martanty Soenar Dewi (kedua dari kiri). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI – Bakal Calon Wakil Bupati Gunungkidul Martanty Soenar Dewi mempersiapkan program digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gunungkidul. Selain itu, ia juga menargetkan penambahan 1.000 UMKM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif.

“Keberadan UMKM ini bisa mendukung pengembangan sektor pariwisata di Bumi Handayani,” kata Martanty seperti rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (10/10/2020).

Advertisement

Menurut dia, target pengembangan UMKM ini merupakan hal yang realistis mengingatkan banyaknya potensi usaha di Gunungkidul. sementara itu, untuk program digitalisasi merupakan suatu keharusan karena tuntutan perkembangan jaman. “Teknologi semakin maju dan ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan UMKM,” ungkapnya.

BACA JUGA : Subardi Gencarkan Digitalisasi Koperasi dan UKM di DIY 

Martanty menjelaskan, target digitalisasi ini banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan cara-cara pemasaran secara konvensiaonal. Ia memaparkan, dengan program digitalisasi maka pangsa pasar akan lebih luas sehingga potensi pemasaran akan lebih massif lagi.

“Harus dimanfaatkan. Tentunya untuk program digitalisasi juga dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM, ada 22.623 UMKM. Adapun rinciannya, 20.928 unit merupakan usaha kecil dan sisanya sebanya 1.664 unit merupakan usaha menengah. Ia mengungkapkan ada dua kunci didalam pengembangan UMKM berbasis digital, yakni kemudahan dalam pendanaan serta penyiapan infrastruktur jaringan internet guna mendukung pogram.

“Kami berkomitmen memberikan kemudahan layanan melalui program kredit lunak hingga penyiapan jaringan internet sehingga program digitalisasi dapat dijalankan,” tutur dia.

BACA JUGA : Kisah UMKM Digital di DIY: Ubah Strategi Digitalisasi

Sebagai seorang pengusaha, Martanty menyakini kemakuan UMKM data menopang perekonomian masyarakat menengah ke bawah. “Potensi ini harus digali dan dikembangkan. Akibat pandemic corona, sektor UMKM ikut terpukul, tapi kalau bisa bangkit saya yakin keberadaannya mampu menopang pariwisata yang selama ini menjadi andalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement