Advertisement

Dampak La Nina Bakal Sampai Sleman, Sri Purnomo Siapkan Anggaran Tak Terduga

Abdul Hamied Razak
Kamis, 15 Oktober 2020 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Dampak La Nina Bakal Sampai Sleman, Sri Purnomo Siapkan Anggaran Tak Terduga Pertemuan BMKG Jogja dengan Pemkab Sleman mengantisipasi La Nina, Rabu (14/10/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Bupati Sleman, Sri Purnomo mengimbau masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada menghadapi dampak La Nina yang bakal sampai ke Sleman. Ia telah berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mengantisipasi dampak dari La Nina.

"Kami menginstruksikan OPD terkait untuk membersihkan parit-parit dan memastikan saluran air ke embung berfungsi dengan baik. Hal ini untuk antisipasi jika hujan lebat terjadi, air dalam jumlah besar dapat tertampung dan tidak menimbulkan banjir,” jelasnya, Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG Jogja, Reni Kraningtyas, Rabu (14/10/2020).

Advertisement

Baca juga: Dinkes Sleman Susun Mekanisme Pengawasan Ponpes di Tengah Pandemi

Sri juga menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman untuk menginventarisir pohon-pohon rawan tumbang untuk penanganan lebih lanjut.

“Kami juga berkoordinasi dengan BMKG untuk memberikan informasi wilayah potensi longsor pada Pusdalop BPBD Sleman untuk melakukan langkah antisipasi meminimalisir kerugian materi dan mengupayakan keselamatan warga," tambahnya.

Baca juga: Jalur Kereta Bandara YIA Ditargetkan Rampung Juli 2021

Soal anggaran kebencanaan, Sri menjamin tidak ada masalah. Pemkab sudah menyiapkan dana kebencanaan pada pos belanja tak terduga sebesar Rp57,6 miliar pada APBD Perubahan atau meningkat drastis dari APBD murni 2020 yang hanya sebesar Rp4,4 miliar. "Jadi untuk anggaran kebencanaan tidak ada masalah," kata Sri.

Meskipun begitu, katanya, penanganan bencana selama pandemi Covid-19 harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Pemkab juga menyiapkan skenario penanganan bencana sesuai protokol kesehatan (prokes).

"Jadi sudah menyesuaikan dengan prokes. Dalam penanganan bencana tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement