Advertisement

AP Bentuk Satgas Layang-Layang: Terbangkan Layangan di Sekitar Bandara Akan Dipenjara

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 26 Oktober 2020 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
AP Bentuk Satgas Layang-Layang: Terbangkan Layangan di Sekitar Bandara Akan Dipenjara Layang-layang ditemukan tersangkut di roda Pesawat Citilink yang mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada Jumat (23/10/2020). - Antara/Bandara Adisutjipto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura (AP) 1 Persero akan menindak tegas siapa pun yang kedapatan menerbangkan layang-layang di sekitar bandara. Pelaku bakal ditangkap dan dituntut seusai hukul yang berlaku.

Kebijakan itu menyusul adanya insiden pesawat Citilink yang tersangkut layang-layang saat mendarat di Bandara Adisutjipto, Sleman, Sabtu (24/10/2020) kemarin.

Advertisement

BACA JUGA: Pesawat Citilink Tersangkut Layang-Layang Besar di Janti Saat Mendarat di Adisutjipto

General Manager (GM) Bandara Adisucipto yang juga menjabat PTS GM Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama mengatakan sudah mendapat instruksi dari Kementerian Perhubungan untuk menangkap siapa pun yang menerbangkan layang-layang di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

“Kami sudah dapat warning dari Kementerian Perhubungan, bila nanti ada yang ketahuan menerbangkan layang-layang di sekitar bandara yang bisa membuat obstacle [menghambat] dari penerbangan, maka akan kami tangkap dan kami tuntut sesuai aturan yang berlaku. Karena faktor keselamatan ini menjadi jaminan kita semua," kata  Pandu kepada awak media, di YIA, Kapanewon Temon, Senin (26/10/2020).

Pandu menjelaskan berdasarkan Undang-Undang No.1/2009 tentang Penerbangan, siapa pun yang melakukan kegiatan yang berakibat mengganggu keselamatan penerbangan seperti menerbangkan layang-layang, balon udara, dan drone di sekitar KKOP atau jarak 15 kilometer (km) dari bandara bisa dikenai sanksi penjara maksimal 3 tahun atau denda sebesar Rp1 miliar.

BACA JUGA: Tersangkut Layangan, Begini Kondisi Pesawat Citilink

Guna mengantisapi insiden serupa terjadi, AP 1 kata Pandu sudah membentuk satuan tugas (satgas) laying-layang. Satgas ini bertugas untuk memantau dan memastikan kawasan bandara steril dari aktivitas menerbangkan. Pembentukan satgas sendiri sudah dilakukan sejak Mei 2020 lalu.

AP1 juga membuat surat edaran (SE) tentang larangan menerbangkan laying-layang di kawasan bandara. SE ini tidak hanya berlaku di Bandara Adisutjipto, tetapi juga di YIA, Temon. Kawasan YIA, di Kapanewon Temon juga berpotensi menjadi lokasi penerbangan laying-layang meskipun dari pemantauan sementara petugas bandara belum ditemukan adanya aktivitas tersebut.

“Pekanlalu kami berikan SE kepada Bupati Kulonprogo dan Purworejo karena rata-rata landing pesawat datangnya dari arah barat atau Purworejo. Ketinggian pesawat mau landing itu di bawah 200 meter. Sementara ketinggian layang-layang bisa melebihi 200 meter. Yang pasti sekarang tetap kami pantau dan mudah-mudahan tidak ada layang-layang di YIA," kata Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement