Seminar Nasional  “Basic Hematology, Common Diseases, and Blood Transfusion for Pet Animal”

Seminar Nasional "Basic Hematology, Common Diseases, and Blood Transfusion for Pet Animal".
11 November 2020 14:37 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Seminar Nasional merupakan salah satu program kerja tahunan dari Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) FKH UGM. Tahun ini, seminar nasional diadakan bersama PT Global Spirit Intensa dengan mengangkat tema “Basic Hematology, Common Diseases, and Blood Transfusion for Pet Animal”.

Acara Seminar Nasional KSHK 2020 dilakukan pada tanggal 7 November 2020 dengan jumlah peserta yang mengikuti acara sebanyak 142 orang. Dalam ranah kedokteran hewan, kasus yang terjadi akibat adanya masalah pada darah hewan masih cukup banyak ditemukan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri dan parasit. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dokter hewan dan mahasiswa terhadap permasalahan hematologi pada hewan kesayangan. Serta biaya registrasi akan disumbangkan kepada shelter hewan kesayangan yang terdampak pandemi COVID-19.

Dikarenakan pandemi COVID-19, seminar nasional pada tahun ini diadakan pertama kali secara online melalui platform Zoom Meeting. Acara Seminar Nasional KSHK 2020 terbagi atas dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Erni Sulistiawati, dengan topik bahasan “Introduction: Morphology, Composition, and Clinical Interpretation”. Kemudian, materi kedua dibawakan oleh Ika Septiana Anggun Puspita dengan topik bahasan “Common Diseases and Blood Transfusion for Pet Animal”. Tidak lupa juga kedua sesi ini dipandu oleh Mungky Ema R. selaku moderator. Kemudian terdapat sesi tanya jawab dengan kemudian dipilih 3 penanya terbaik yang diberikan hadiah.

Dengan diadakannya seminar nasional “Basic Hematology, Common Diseases, and Blood Transfusion for Pet Animal” peserta yang berupa dokter hewan dan mahasiswa kedokteran hewan mendapatkan manfaat kedepannya sesuai dengan tujuan dilakukannya kegiatan. Mengingat pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam ilmu masalah darah pada bidang kesehatan hewan yang dapat diaplikasikan pada masa mendatang dengan lebih baik. (ADV)