Advertisement

4M dan Aktivitas Fisik Harus Sinergi

Catur Dwi Janati
Minggu, 13 Desember 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
4M dan Aktivitas Fisik Harus Sinergi Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mayoritas masyarakat telah memahami akan pentingnya protokol kesehatan 4M (Memalai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Menghindari kerumunan). Upaya penguatan dari ancaman luar yakni virus sebaiknya diikuti penguatan dari dalam tubuh melalui peningkatan daya tahan tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi menerangkan betapa pentingnya aktivitas fisik untuk penguatan daya tahan tubuh. Dijelaskannya, jika aktivitas fisik 30 menit setiap harinya memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menghindari berbagai penyakit. "Aktivitas fisik dapat meningkatkan kekuatan otot daya tahan tubuh serta mengurangi stres dan emosional," tuturnya pada Minggu (13/12/2020).

Advertisement

Emma membagi kegiatan fisik ke dalam tiga tahap. Tahap pertama meliputi pemanasan. Tahap ini dilakukan untuk menyiapkan tubuh dan menghindari cidera selama latihan. Pemanasan dapat dilakukan selama 10-15 menit. Pasca pemanasan baru lah masuk pada latihan inti yang terdiri dari gerakan aerobik, latihan kekuatan otot dan keseimbangan. Durasi latigan inti berkisar antara 20-60 menit.

Terakhir di tahap ketiga dalam aktivitas fisik ialah pendinginan. Gerakan pendinginan hanpir sama dengan pemanasan yakni gerakan-gerakan ringan dengan intensistas tidak terlalu berat. Pendinginan dapat dilakukan kurang lebih selama 5-10 menit.

Kesadaran protokol kesehatan 4M menurut Emma harus dibarengi dengan penguatan dari dalam diri melalui peningkatan daya tahan tubuh. Dengan berjalannya dua aspek tersebut, potensi penularan Covid-19 pun makin dapat ditekan. "Aktivitas fisik untuk menjaga daya tahan tubuh kita yang dari dalam mas, kalau 4M menjaga jangan sampai virus masuk ketubuh kita," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement