DPRD DIY Usulkan Shelter Perawatan Covid-19 Dibangun di Halaman Balai Kota Jogja

Ilustrasi. - REUTERS/Ivan Alvarado
01 Januari 2021 19:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kasus Covid-19 di DIY yang masih tinggi membuat DPRD DIY menyarankan dirikan shelter di halaman Balai Kota Jogja. Selain itu, shelter dinilai perlu didirikan untuk antisipasi jika ke depannya terjadi lonjakan kasus.

Wakil ketua DPRD DIY, Huda meminta Pemkot Jogja membangun Shelter Perawatan Covid-19 di halaman Balai Kota Jogja. Alasan Huda menyampakan usulan tersebut ialah kondisi kasus harian Covid-19 di DIY yang masih tinggi. "Saat ini kasus harian Covid di DIY sudah sangat tinggi, kasus meninggal juga sudah sangat tinggi," tutur Huda Kamis (31/12/2020).

Huda menyebutkan jika masalahnya, separuh dari belasan ribu konfirmasi positif ini terjadi dalam dua bulan terakhir, khususnya akhir Desember yang menurutnya begitu luar biasa peningkatannya. "Rata-rata 200 [kasus per hari] lebih, bahkan kemarin sudah hampir tembus 300 [kasus per hari]," ujarnya.

Disebutkan Huda jika situasi di rumah sakit rujukan sudah banyak warga yang terkonfirmasi positif dan tidak dapat perawatan. Sehingga perlu didirikan Selter Perawatan Covid-19 di halaman Balai Kota Jogja.

"Rumah sakit sudah penuh semua, sangat banyak warga positif yang tidak dapat perawatan karena ruangan tidak ada, padahal mereka perlu perawatan karena bergejala. Mungkin nanti kalau ada lonjakan kasus perlu buat selter perawatan di halaman Balai Kota Jogja, sepertinya masih cukup luas," tandas Huda.