Kuatkan Kelurahan Budaya, Terban Akan Bangun Taman Wayang

Desain Taman Wayang Kelurahan Terban yang akan dibangun pada 2022. - ist/ kelurahan Terban
21 Januari 2021 09:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA -Terban merupakan satu dari dua Kelurahan Budaya di Kota Jogja, selain Kelurahan Kricak. Untuk menguatkan status ini sekaligus terus mengembangkan potensi budaya masyarakat, Kelurahan Terban akan mendirikan Taman Wayang pada 2022 mendatang.

Lurah Terban, Narotama, menjelaskan Taman Wayang akan didirikan di Kampung Terban, dengan tujuan mengenalkan tokoh-tokoh wayang serta cerita pewayangan. “Juga sebagai dukungan terhadap Kelurahan Budaya,” ujarnya, Rabu (20/1/2021).

Dalam Taman Wayang, akan dimasukkan sejumlah komponen diantaranya gunungan art sebagai pintu masuk, 3D art wall painting tema wayang, 3D art floor painting tema wayang, papan penunjuk arah Jawa, spot wall quote untuk foto, dinding edukasi dengan tema nama-nama lakon wayang, tempat duduk tema wayang.

Baca juga: Hampir Setiap Hari Terjadi, Ada Peningkatan Aktivitas Gempa di Januari 2021

Kemudian dilengkapi pula sejumlah komponen taman pada umumnya seperti tempat duduk besi, pedestrian walk in park, vegetasi tanaman hias, rumput gajah mini, area edukasi tanaman obat, area bermain anak, area kuliner dan tiang lampu penerangan bertema Jawa.

Taman Wayang juga akan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga akan disediakan fasilitas protokol kesehatan seperti bak cuci, sabun dan termo gun. Diharapkan Taman Wayang ini bisa semakin mengembangkan potensi seni-budaya masyarakat Terban.

Ia menceritakan di Kelurahan Terban, masyarakat memiliki cukup banyak potensi seni-budaya beserta sejumlah kegiatan rutin. “Kami seringa da event, seperti event budaya, Saparan, Rejeban, Suran, nanti akan memanfaatkan taman itu,” katanya.

Selain itu, Taman Wayang juga diharapkan mampu mengembangkan potensi kuliner dan kerajinan dari masyarakat sekitar, karena di situ juga disediakan area kuliner. “Pada saat event kami akan menampilkan produk UMKM [usaha mikro kecil menengah],” ujarnya.

Baca juga: Ingin Dapat BLT PKH Graduasi Rp3,5 Juta, Ini Syaratnya

Pembangunan Taman Wayang dan sejumlah pembangunan lainnya akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kelurahan Terban pada Sabtu (23/1/201) mendatang, dengan tema Percepatan Peningkatan Ekonomi Masyarakat dengan Fokus Wisata Berbasis Budaya.