Ingin Sukses dalam Tugas, Prajurit TNI Harus Punya Keterampilan Berkomunikasi

Pakar komunikasi dan motivator nasional Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada personel Kodim 0730/GK, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan
21 Januari 2021 18:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pakar komunikasi dan motivator nasional Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada personel Kodim 0730/GK, Kamis (21/1/2021). Motivasi ini diberikan sebagai penyemangat kepada anggota TNI untuk tetap bersemangat dengan menunjukkan kinerja terbaik meski sedang dilanda wabah Covid-19.

“Dalam menjalankan tugas, kita tidak boleh berpikir tidak bisa. Sebab, dengan semangat dan fokus mencapai tujuan maka apa yang dicita-citakan bisa diraih,” kata Aqua, Kamis.

Menurut dia, meski sedang dilanda pandemi virus corona, hal tersebut bukan menjadi alasan bagi anggota TNI karena kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Peran prajurit diperlukan demi menjaga situasi kondusif di masyarakat. “Saya sempat bertanya kepada anggota babinsa dan mereka sudah bekerja baik. Tapi, itu harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca juga: Seorang Perempuan Meninggal Mendadak di Parangkusumo

Dikatakannya, kunci sukses dalam menjalankan tugas adalah dengan komunikasi. Ia menyakini dengan komunikasi yang baik maka segala persoalan bisa diselesaikan. Selain komunikasi yang baik, Aqua juga meminta kepada anggota TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat, menjaga kehormatan diri di muka umum serta tidak menyakiti wanita. “Tidak boleh melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Sebab, salah satu kunci sukses ada peran seorang wanita,” katanya.

Menurut dia, kegiatan memberikan motivasi kepada anggota TNI ini merupakan roadshow yang ia lakukan. Sebelum melakukan motivasi di Kodim Gunungkidul, juga telah melaksanakan di Sleman, Kota Jogja dan Kulonprogo. “Setelah dari sini, saya langsung menuju Kodim Bantul untuk memberikan motivasi anggota TNI di sana,” ujarnya.

Baca juga: Pelaku Wisata Gaungkan Semangat Covid Jahat, Jogja Baik & Aman

Komandan Kodim 0730/GK, Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto mengatakan, pihaknya bersyukur atas kedatangan Aqua Dwipayana di tempatnya. Sebab, ia menilai keahlian dalam komunikasi yang dimiliki sangat untuk membantu para anggota menjalankan tugas-tugas yang dimiliki.

Menurut dia, pesan yang disampaikan pun mudah dipahami. Hal itu terlihat dari materi yang diberikan dalam bentuk ilustrasi video hingga sesi tanya jawab yang dilakukan. “Kami berterimakasih karena ilmu yang diberikan sangat bermanfaat dan bisa diterima dengan baik. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat memacu semangat para prajurit saat bertugas. Terutama dalam menjaga ritme kerjanya di masa pandemi,” katanya.