Tidak Semua Jenazah Covid-19 di Bantul Dikubur dengan Peti

Ilustrasi - Antara
25 Februari 2021 13:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Tidak semua jenazah pasien Covid-19 di Bantul dikubur menggunakan peti. Ada jenazah yang dikubur dengan kantong jenazah.

“Saya pernah mendapatkan laporan, itu kejadian di awal Januari kemarin, di salah satu dusun di wilayah kami. Pemakamannya secara protokol kesehatan, tetapi jenazah dimakamkan dengan kantong jenazah," kata Panewu Srandakan Anton Yulianto, Kamis (25/2/2021).

BACA JUGA: Miliarder Purwomartani Diimbau Gunakan Uang Ganti Rugi Tol Sewajarnya

Anton telah berkoordinasi dengan satgas dan petugas pemakaman setempat tentang tata cara pemakaman jenazah tersebut. Dia meminta kepada pemerintah desa untuk menghubungi Dinas Kesehatan Bantul karena sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis pemakaman, seharusnya pemakaman pasien Covid-19 harus menggunakan peti.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto enggan berkomentar karena belum mengetahui adanya pemakaman pasien Covid-19 tanpa menggunakan peti. “Mungkin bisa ditanyakan ke rumah sakitnya," kata Dwi.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Helmi Jamharis mengatakan tidak ada hal baku dalam tata cara pemakaman jenazah positif Covid-19. Pemakaman pasien tidak harus menggunakan peti dan bisa saja menggunakan kantong jenazah, tetapi wajib menggunakan protokol kesehatan.

“Asal ada jaminan tidak akan terjadi kebocoran dan penularan, diperbolehkan menggunakan kantong jenazah, tentunya jenazah harus dibungkus plastik lebih dahulu," kata Helmi.