Advertisement

Jogja Kaji Realokasi Anggaran untuk Pandemi

Ujang Hasanudin
Selasa, 02 Maret 2021 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Jogja Kaji Realokasi Anggaran untuk Pandemi Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja masih mengkaji realokasi anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 sebagaimana diamanatkan Kementerian Keuangan.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan postur anggaran dalam APBD 2021 sudah mengakomodasi penanganan pandemi melalui sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). “Ini kami kaji apakah perlu refocusing atau tidak. Apakah anggaran mampu respons apa tidak. Kegiatan reguler itu sudah dialokasikan untuk pandemi,” ucap Heroe saat meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Benteng Vrederburg, Selasa (2/3/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Pedagang Jogja Keluhkan Pendataan Vaksin yang Kurang Maksimal

Heroe mengatakan Pemkot Jogja sudah mengakomodasi kegiatan penanganan pandemi melalui APBD 2021. Pemkot juga sudah menganggarkan dana tidak terduga (DTT) sebesar Rp13 miliar untuk mengantisipasi ketika kegiatan penanganan pandemi Covid-19 belum mencukupi.

“Konstruksi APBD 2021 sudah cukup fokus dalam penanganan Covid-19. Mitra pemerintah juga terlibat agar kebijakan yang diambil tepat,” kata dia.

Menurut Surat Edaran (SE) dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 terkait dengan penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah, terdapat sejumlah realokasi, terutama berkaitan dengan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Insentif Daerah (DID) serta Dana Alokasi Khusus (DAK). Refocusing tersebut menyangkut penanganan pandemi Covid-19, termasuk dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

DAU minimal delapan persen. Sementara DID minimal 30%. Adapun DAK fisik sebisa mungkin memanfaatkan tenaga lokal dan juga bahan baku lokal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement