Pelaku Wisata Bantul Tunggu Kejelasan Vaksinasi

Ilustrasi - Antara/Irwansyah Putra
02 Maret 2021 14:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pelaku wisata di Bantul masih menunggu kejelasan vaksinasi. Ketua PHRI Bantul M Nurman Asmuni mengatakan ada sedikitnya 1.000 pelaku wisata dari 41 usaha di organisasinya yang sampai saat ini masih menunggu pendaftaran dan waktu vaksinasi.

"Sampai hari ini kami belum mengetahui perihal ini. Bagaimana mendaftarnya, dan kapan pelaksanaan juga belum mendapatkan kejelasan," kata Nurman, Selasa (2/3).

BACA JUGA: Pelaku Usaha Jasa Pariwisata Jogja Jalani Vaksinasi Massal

Padahal, menurut pemilik rumah makan Numani ini, vaksinasi terhadap pelaku wisata sangat penting. Sebab, akan menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat untuk berwisata.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan ada kuota vaksinasi untuk pelaku wisata di Bantul.

"Namun secara teknis, ada di Dinas Pariwisata Bantul," kata Abed.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah mengatakan di Bantul ada 6.000 pelaku wisata. Namun dari jumlah tersebut baru sebanyak 278 orang yang didaftarkan sebagai penerima vaksin tahap kedua.

"Jumlah itu terdiri dari ASN, PHL dan pelaku wisata di desa wisata.  Tapi, prioritasnya memang untuk ASN lebih dahulu," kata Annihayah.