Advertisement

Muncul Klaster Takziah, Satgas Kalurahan Diminta Tingkatkan Pengawasan

David Kurniawan
Rabu, 21 April 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Muncul Klaster Takziah, Satgas Kalurahan Diminta Tingkatkan Pengawasan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI – Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty berharap satgas penanggulangan di tingkat kalurahan dan kapanewon memaksimalkan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan sosial di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru penularan virus corona.

“Sekarang ada klaster penularan dari takziah dan mitoni. Pengawasan yang lebih ketat dibutuhkan agar tidak muncul klaster baru lagi,” katanya, Selasa (20/4/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Tim Medis Terus Telusuri Kontak Erat Pasien Positif dari Dua

Dewi menjelaskan, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri no.3/2021 tentang Pemberlakukan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) berkala mikro, maka satgas di tingkat kalurahan maupun kapanewon memiliki peran dalam mengoptimalkan upaya penanggulangan virus corona.

“Makanya harus berperan dengan mengatur lagi agar hajatan dan layatan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan sehingga tidak menjadi penyebab penularan virus,” katanya.

Menurut dia, upaya penanggulangan tidak hanya bertumpu pada satgas Covid-19, namun partisipasi dari masyarakat juga sangat dibutuhkan. Dewi mengungkapkan, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran.

BACA JUGA : Pasien Baru Covid-19 di Gunungkidul Berasal dari Klaster

“Meskipun merasa jenuh, masyarakat tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Lebih khusus, pada saat berada di kerumuman seperti hajatan dan layantan. Jadikan pengalaman penularan klaster yang terjadi untuk pencegahan di kemudian hari,” katanya.

Dewi menambahkan, untuk penanganan di lokasi sumber penularan sudah dilakukan sesuai dengan aturan berlaku. Sebagai contoh, di wilayah yang masuk zona merah tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan sosial serta diadakan proses karantina mandiri.

BACA JUGA : Ada Warga yang Pingsan & 2 Meninggal, Begini Awal Mula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement